RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : RPP-KKPI 01
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan PC Stand Alone
KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks
INDIKATOR :
• Sistem Komputer dijelaskan dengan benar
• Sistem computer diaktifkan sesuai prosedur dengan benar
• Menjalankan perintah-perintah system operasi dengan benar
• Perintah pembuatan dan pengelolaan folder dilakukan dengan benar
• Perintah-perintah pengelolaan file dijalankan dengan benar
• Perintah membuat, menghapus, memperbaharui file konfiigurasi system dibuat dengan benar
• Prosedur shutdown system dilakukan dengan benar
ALOKASI WAKTU : 8 Jam x 45 Menit (2 Jam perminggu)
PERTEMUAN KE : 1, 2, & 3
I. TUJUAN
Siswa dapat :
1. Memahami sistem komputer (input, proses dan output device), hardware, software dengan baik
2. Melakukan prosedur penyalaaan komputer dengan benar
3. Memahami dan melakukan perintah-perintah internal dan eksternal command
4. Melakukan konfigurasi file pada sistem komputer
5. Memahami perangkat keras yang terkonfigurasi dengan system operasi berbasis teks
6. Melakukan prosedur shutdown sistem komputer dengan benar
II. MATERI POKOK
• Sistem Komputer
• Prosedur Penyalaan Komputer
• Perintah Internal dan Eksternal Command sistem operasi
• Prosedur Shutdon sistem
III. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
Menjelaskan Sistem Komputer yang disertai dengan contoh
Menyiapkan komputer dan menjelaskan prosedur penyalaan komputer
Menjelaskan perintah-perintah internal dan eksternal system operasi
Menjelaskan cara mengkonfigurasi file pada system operasi
Menjelaskan Perangkat keras yang terkonfigurasi dengan system operasi berbasis teks
Menjelaskan prosedur shutdown system operasi
B. KEGIATAN INTI
Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR
Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V. MATERI PEMELAJARAN
Sistem Komputer (input, proses, output), Hardware dan Software
Prosedur Penyalaan PC Standalone
Perintah Internal dan Eksternal sistem operasi
Prosedur Shutdonw (non aktifkan) system komputer
VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Komputer, UPS, Sistem operasi DOS, System OperasiWindows, System Operasi Linux
2. Sumber Belajar : Modul KKPI Dikmenjur 2005
VII. PENILAIAN
- Tes Tertulis
- Tes Praktek
- Tugas-tugas Observasi
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI
Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327
Soal Essay :
1. Tuliskan pengertian komputer dengan jelas !
2. Gambarkan diagram dari sistem komputer dan jelaskan!
3. Tuliskan 3 komponen yang mendukung sistem komputer !
4. Tuliskan 5 jenis peralatan komputer termasuk peralatan Input dan jelaskan kegunaannya !
5. Tuliskan langkah-langkah membuat folder !
Jawaban Skor
1. Komputer adalah seperangkat peralatan elektronik yang digunakan untuk mengolah data sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan dimasa yang akan datang 2
2. Diagram dari sistem komputer adalah sebagai berikut : 2
Seluruh data yang akan diproses dimasukkan melalui peralatan yang disebut input devive, selanjutnya data yang telah diinput melalui input device diproses pada bagian pemrosesan yang umumnya disebut CPU. Hasil pengolah data yang telah diperoses selanjutnya ditampilkan pada peralatan output baik berupa tampilan visual maupun hasil cetakan kertas
3. Komponen yang mendukung sistem komputer antara lain : 1
Hardware
Sofware
Brainware
4. Jenis peralatan input antara lain : 3
Keyboard : peralatan yang digunakan untuk menginput data yang berupa data alphanumeric dan data numeric
Barcode reader : peralatan yang digunakan untuk menginput data berupa data yang berbentuk kode batang
Scanner : peralatan yang digunakan untuk menginput data gambar yang telah jadi berupa foto
Kamera digital : peralatan yang digunakan untuk menginput data gambar yang diambil pada suatu obyek
Mouse : peralatan yang digunakan untuk menginput data yang terdapat pada tampilan layer monitor
5. Langkah-langkah untuk membuat folder sebagai berikut : 2
• Aktifkan explorer dengan cara mengaktifkan program windows exploring pada bagian accessories
• Klik drive dimana folder akan dibuat, kemudian pilih menu File selanjutnya pilih New kemudian Folder
• Ketik Nama Folder dan tekan tombol Enter
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : RPP-KKPI 02
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Software Sistem Operasi
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Menginstal software sistem operasi
INDIKATOR :
Fungsi software sistem operasi dijelaskan dengan benar
Langkah-langkah menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
Cara menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
Software sistem operasi diinstal sesuai dengan SOP
Software sistem operasi dioperasikan dan berjalan secara normal
Fungsi software aplikasi dijelaskan dengan benar
Langkah-langkah menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
Cara menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
Software aplikasi diinstal sesuai dengan SOP
Software aplikasi dioperasikan dan berjalan secara normal
ALOKASI WAKTU : 12 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 4, 5, 6, 7, 8, & 9
I. TUJUAN
Siswa dapat :
1. Menginstal Software sistem operasi dengan benar
2. Menjelaskan fungsi software sistem operasi
3. Menjalankan Software sistem operasi
4. Menginstal Software aplikasi dengan benar
5. Menjelaskan Software aplikasi
6. Menjalankan software aplikasi
II. MATERI POKOK
1. Menginstal Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi :
2. Fungsi Software Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
3. Cara menginstal software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
4. Cara mengoperasikan software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
III. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
Mempersiapkan software dan komputer yang akan diinstal
Menjelaskan fungsi software sistem operasi
Menjelaskan langkah-langkah instalasi software sistem operasi
Menginstal software sistem operasi
Mengoperasikan software sistem operasi
B. KEGIATAN INTI
Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR
Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V. MATERI PEMELAJARAN
1. Menginstal Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi :
2. Fungsi Software Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
3. Cara menginstal software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
4. Cara mengoperasikan software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Komputer, UPS, Internet, System Operasi Windows, System Operasi Linux
2. Sumber Belajar : Buku Panduan Instalasi sistem operasi dan program aplikasi SOP instalasi, software
VII. PENILAIAN
Tes Tertulis
Tes Praktek
Tugas-tugas Observasi
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI
Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327
Soal Essay :
1. Tuliskan fungsi software sistem operasi pada umumnya !
2. Tuliskan Jenis-jenis Sistem Operasi yang digunakan pada komputer !
3. Tuliskan langkah-langkah menginstall system operasi windows !
4. Tuliskan persiapan yang dilakukan sebelum menginstall sistem operasi !
Jawaban Skor
1. Fungsi software sistem operasi adalah untuk mengatur dan mengendalikan seluruh hardware dan software aplikasi agar dapat saling mendukung dalam sistem computer 3
2. Jenis-jenis operating sistem yang umum digunakan antara lain : 2
- MS-DOS
- Windows
- Linux
- Machinstos
- Unix
3. Langkah-langkah menginstall system operasi Windows XP : 3
Nyalakan computer dan masukkan CD Installer Windows XP
Ubah sistem BIOS dengan mengubah boot priority pada CD
Tunggu hingga proses identifikasi peralatan dilakukan, kemudian buatlah partisi dengan menekan tombol F8 dan pilih create new partition, masukkan nilai untuk partisi1 dan partisi kedua
Pilih Install, dan tunggu hingga selesai proses pengcopian file dan computer secara otomatis akan melakukan restart
Masukkan lakukan setting dan masukkan nomor serial dari windows XP dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
4. Persiapan sebelum melakukan instalasi sistem operasi 2
Siapkan 1 (satu) unit komputer yang belum mempunyai sistem operasi
Pastikan kabel power pada komputer sudah tersambung dengan benar
Siapkan 1 buah CD original sistem operasi yang telah dilengkapi dengan nomor serial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : RPP-KKPI 03
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.2 Mengoperasikan software pengolah kata
INDIKATOR :
Fungsi software pengolah kata dijelaskan dengan benar
Software pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon
Berbagai software pengolah kata dioperasikan sesuai dengan SOP
Perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasi dijalankan dengan benar
File Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
File Document dijalankan dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail merge
File Document diatur dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (Potraid atau Landscap), margin
Header dan footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang diaplikasikan pada file dokumen
Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan sesuai dengan parameter kertas dan printer
File Document dicetak sesuai dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit
ALOKASI WAKTU : 22 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, & 20
II. TUJUAN
Siswa dapat mengoperasi software aplikasi pengolah kata (Microsoft Word)
III. MATERI POKOK
Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
Membuat, membuka dan menyimpan file document
Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
Pencetakan file document
IV. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
Menjelaskan fungsi software pengolah kata
Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software pengolah kata sesuai SOP
Mengoperasikan melalui menu, shortcut atau icon pada berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Word (Microsoft Office), Text Document (Star Office), Writer (Open Office)
Membuat file dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain dengan menggunakan berbagai program aplikasi pengolah kata
Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file dokumen sesuai prosedur
Menyimpan file dokumen baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Document), html (Web page)
Menjelaskan dan melakukan pengolahan dan pengaturan pada file dokumen menggunakan perintah-perintah font, text aligment, bullet and numbering, border and shading, page
break, coulumn, page setup, paragraf, format painter, header and footer, edit, paste, cut,
mail merge
B. KEGIATAN INTI
Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR
Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
VI. MATERI PEMELAJARAN
Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
Membuat, membuka dan menyimpan file document
Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
Pencetakan file document
VII. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Personal Komputer, UPS, Internet, Software Aplikasi Pengolah kata, printer.
2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku Panduan Pengoperasiansoftware pengolah kata,
VIII. PENILAIAN
Tes Tertulis
Tes Praktek
Tugas-tugas Observasi
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI
Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327
Soal Essay :
1. Tuliskan fungsi software pengolah kata pada umumnya !
2. Tuliskan keunggulan dari Microsoft Word dibanding software pengolah kata yang lain !
3. Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan software Microsoft Word!
4. Tuliskan langkah membuat nomor halaman pada Microsoft word !
5. Tuliskan langkah-langkah membuat naskah berkolom pada Microsoft word !
Jawaban Skor
1. Software Microsoft Word banyak digunakan untuk melakukan pengolah kata, khususnya pengolah kata dalam bentuk pengetikan naskah laporan, surat, naskah berkolom dan naskah bergambar 2
2. Microsoft mempunyai keunggulan antara lain : 2
- Compability
- Graphic Editing
- Spelling & Grammar
- Mutiplr Undo dan Redo
3. Langkah-langkah mengaktifkan Microsoft word : 2
Klik START
Pilih All Program
Pilih Microsfoft Offfice
Klik Microsoft Word
4. Langkah membuat nomor halaman pada Microsoft word 2
Klik menu Insert
Pilih Page Number
Tentukan posisi nomor halaman pada bagian posisi
Klik OK
5. Langkah-langkah membuat naskah berkolom : 2
Pilih menu Format
Pilih Column
Pilih jumlah kolom naskah
Pilih This point forward pada pilih Apply to
Klik OK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. : RPP-KKPI 04
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.3. Mengoperasikan software spreadsheet
INDIKATOR :
Fungsi software spreadsheet (lembar sebar) dijelaskan dengan benar
Software spreadsheet (lembar sebar) dioperasikan melalui perintah start menu, shortcut atau icon
Berbagai software spreadsheet dioperasikan sesuai dengan SOP
Perintah-perintah pengelolaan file spreadsheet (lembar sebar) atau sheet (lembar kerja) seperti: membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain dioperasikan sesuai dengan SOP
ALOKASI WAKTU : 20 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 1,2,3,4,5,6,7,8,9 & 10
I. TUJUAN
Siswa dapat Mengoperasikan Software Spreadsheet
II. MATERI POKOK
Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada
spreadsheet
Pencetakan file spreadsheet
III. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
Menjelaskan fungsi software spreadsheet
Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet
Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet
Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office)
Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet
B. KEGIATAN INTI
Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR
Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V. MATERI PEMELAJARAN
Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada spreadsheet
Pencetakan file spreadsheet
VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Personal Komputer, UPS, Internet, Software Aplikasi Spreadsheet, printer.
2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku Panduan Software Spreadsheet,
VII. PENILAIAN
Tes Tertulis
Tes Praktek
Tugas-tugas Observasi
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI
Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327
Soal Essay :
1. Tuliskan fungsi software Spreadsheet pada umumnya !
2. Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan software Microsoft Excel!
3. Tuliskan langkah-langkah membuat tabel pada Microsoft Excel!
4. Tuliskan langkah membuat grafik pada Microsoft Excel
5. Tuliskan 5 Fungsi Statistik yang terdapat pada Microsoft Excel dan gunanya!
Jawaban Skor
1. Software Microsoft Excel (spreadsheet) banyak digunakan untuk melakukan pengolah data dalam bentuk rumus, fungsi dan pengolahan data dalam bentuk grafik 2
2. Microsoft mempunyai keunggulan antara lain : 2
- Klik START
- Pilih All Program
- Pilih Microsfoft Offfice
- Klik Microsoft Word
3. Langkah-langkah membuat tabel pada Microsoft Excel : 2
Blok range area yang akan ditempat tabel
Klik menu Format kemudian pilih Cells
Klik bagian Border
Pilih bentuk garis Outline kemudian klik bentuk garis vertical
Klik OK
4. Langkah membuat grafik pada Microsoft Excel 2
Blok range data yang telah diinpu pada lembar kerja
Klik toolbar Chart Wizard
Pilih bentuk Grafik kemudian Next
Pilih bentuk Column atau Row kemudian Next
Ketik judul Grafik
Klik Finish
5. Lima Fungsi Statistik sebagai berikut : 2
a. Fungsi SUM berguna untuk menjumlah range data yang dimasukkan
Fungsi MAX berguna untuk menentukan nilai tertinggi dari range data
Fungsi MIN berguna untuk menentukan nilai terendah dari range data
Fungsi AVERAGE berguna untuk menentukan nilai rata-rata dari range data
Fungsi COUNT berguna untuk menentukan jumlah data pada range data
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. : RPP-KKPI 04
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 3 JAKARTA
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.4. Mengoperasikan software presentasi
INDIKATOR :
Fungsi software presentasi dijelaskan dengan benar
Software presentasi dijalankan melalui perintah start menu dan shortcut atau icon
Berbagai software presentasi dioperasikan sesuai dengan
SOP
Perintah-perintah pengelolaan file presentasi, seperti: membuat baru, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain diaplikasikan sesuai dengan SOP
File Presentasi disimpan menggunakan berbagai format antara lain : ppt, pps, html, odp, sxi
Perintah-perintah editing sederhana, seperti: mengetik huruf/kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, menyelipkan slide, memasukkan picture, diagram, text box, movie and sound, chart, object diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan
Pengaturan slide, seperti: slide lay-out, slide design,
color animation, animation schemes, costume animation, slide transition diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan
Lay-out dan isian standar yang berulang pada header footer dibuat dan diubah melalui master slide.
File presentasi dicetak dalam bentuk slide/ drawing, outline, hand out, notes sesuai dengan kebutuhan
File presentasi dicetak sesuai parameter pencetakan seperti: seluruhnya, halaman tertentu saja, halaman yang sedang diedit, urutan pencetakan.
Perintah-perintah dasar pencetakan seperti page setup, printer setup, print preview diSetting sesuai dengan kebutuhan
File presentasi dipresentasikan (slide show) melalui komputer dan LCD
Perpindahan slide dioperasikan menggunakan navigasi
ALOKASI WAKTU : 10 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 11,12,13,14,& 15
I. TUJUAN
Siswa dapat mengoperasikan Software Presentasi
II. MATERI POKOK
Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software presentasi
Membuat, membuka, menyimpan file presentasi.
Pengolahan file presentasi
Pencetakan file presentasi
Persiapan Presentasi
III. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
Menjelaskan fungsi software presentasi
Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software presentasi dengan benar
Mengoperasikan berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Power
Point (Microsoft Office), Presentation (Star Office), Impress (Open Office)
Menyimpan file presentasi dengan berbagai format antara lain : ppt, pps, html, odp, sxi
Melakukan editing sederhana untuk membuat presentasi yang meliputi text, kalimat, numbering, bullet, penyelipan slide, pemasukkan picture, diagram, text box, movie and sound, chart, object
Memberikan efek yang menarik pada file presentasi dengan memadukan slide lay-out, slide design, color animation, animation schemes, costume animation, slide transition
memberikan header and footer pada slide presentasi
Menjelaskan cara mencetak file presentasi dalam bentuk slide/drawing, outline, hand out, notes
Mencetak file presentasi dengan memperhatikan pengaturan slide/drawing, outline, hand out, notes dengan meng-Setting color, grayscale, black and white serta menyertakan page name, date, time
Melakukan presentasi dengan menggunakan LCD
Mengoperasikan navigasi pada slide presentasi
B. KEGIATAN INTI
Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR
Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V. MATERI PEMELAJARAN
Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software Presentasi
Membuat, membuka dan menyimpan file Presentasi
Pengolahan data sederharna pada lembar slide
Pencetakan file Presentasi
VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Personal Komputer, Printer, UPS, Internet, System Operasi Windows. System Operasi Linux, Software Aplikasi Presentasi, LCD Proyektor.
2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku Panduan pengoperasian Software presentasi
,
VII. PENILAIAN
Tes Tertulis
Tes Praktek
Tugas-tugas Observasi
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI
Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327
Soal Pilihan
1. Microsoft powerpoint adalah sebuah program aplikasi untuk
A. pengolah kata
B. pengolah angka
C. sistem operasi
D. presentasi
E. pengolah gambar
2. Langkah pertama membuat file presentasi baru adalah
A. klik file new
B. klik open file
C. klik save as
D. klik print preview
E. klik page set up
3. Menyimpan file presentasi pada program power point menggunakan ekstensi :
a. doc
b. xls
c. ppt
d. htm
e. rtf
4. Yang tidak terdapat pada menu file adalah :
a. Save
b. Open
c. Copy
d. Save As
e. New
5. Perintah untuk menambah slide baru
a. Insert new slide
b. file new
c. file open
d. insert slide number
e. insert diagram
6. Untuk mengatur rata tengah teks menggunakan
A. Ctrl + E
B. Ctrl + A
C. Ctrl + R
D. Ctrl + L
E. Ctrl + P
7. Icon pada toolbar untuk membatalkan perintah adalah
a. cut
b. paste
c. undo
d. redo
e. format pointer
8. Untuk memberi latar belakang pada slide menggunakan
a. Format background
b. Format slide lay out
c. Format change case
d. Insert background
e. Insert slide lay out
9. Efek pada slide diatur melalui
a. Slide show view show
b. Slide show custom animation
c. Slide show preview show
d. Format custom animation
e. Insert custom animation
10. Berikut background yang bisa digunakan untuk slide, kecuali
a. picture
b. pattern
c. texture
d. gradient
e. animation
Jawaban Skor
1. D 1
2. A 1
3. C 1
4. C 1
5. A 1
6. A 1
7. C 1
8. A 1
9. B 1
10. E 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mo : RPP-KKPI 05
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.5. Mengoperasikan software aplikasi basis data
INDIKATOR :
Fungsi software basis data dideskripsikan dengan benar
Software basis data dioperasikan melalui perintah pada menu, shortcut atau icon
Berbagai software basis data dioperasikan sesuai denga SOP
Pengertian database, table, field, record, primary key dijelaskan dengan benar
Fitur-fitur pengelolaan file basis data diaplikasikan sesuai kebutuhan
Software basis data dioperasikan untuk membuat dan memasukkan data sesuai dengankebutuhan dengan single table
Salah satu field basis data diSetting menjadi sebuah primary key
Perintah-perintah editing sederhana digunakan untuk menambah, mengubah, menghapus record sesuai dengan kebutuhan
File basis data ditampilkan dengan user interface
File basis data dicetak sesuai dengan data yang dibutuhkan (report sheet)
ALOKASI WAKTU : 14 Jam X 45 Menit
PERTEMUAN KE : 16,17,18,19, 20, 21 & 22
I. TUJUAN
Siswa dapat Mengoperasikan Software Aplikasi Database
II. MATERI POKOK
Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software basis data
Membuat, membuka, menyimpan file basis data.
Pengolahan file basis data.
Pencetakan file basis data
III. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
Menjelaskan fungsi software basis data
Menjelaskan proses membuat, membuka, menyimpan, dan menutup software basis data
Mengoperasikan berbagai program aplikasi basis data
Menjelaskan pengertian data base, tabel, field, record, primary key
Mengoperasikan software aplikasi basis data untuk membuat dan menyimpan tabel yang terdiri dari beberapa field dan menjadikan salah satu field nya menjadi primary key
Mengoperasikan software basis data untuk memasukkan, menambah, mengubah, menghapus record dengan teliti
Menampilkan data atau file basis data dengan user interface
Mencetak file basis data
B. KEGIATAN INTI
Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerjayang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR
Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V. MATERI PEMELAJARAN
Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software basis data
Membuat, membuka, menyimpan file basis data.
Pengolahan file basis data.
Pencetakan file basis data
VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Personal Komputer, Printer, UPS, LCD Proyektor, Internet, System Operasi Windows, System Operasi Linux , Software Aplikasi basis data.
2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku panduan penggunaan Software basis data
VII. PENILAIAN
Tes Tertulis
Tes Praktek
Tugas-tugas Observasi
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI
Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327
Soal Pilihan
1. Pengertian dari database termasuk dalam ….
a. Aplikasi pengolah kata
b. Aplikasi Database
c. Aplikasi presentasi
d. Aplikasi lembar sebar
e. Aplikasi email
2. Salah satu perangkat aplikasi basis data yang terdapat pada Microsoft Office adalah….
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Power Point
d. Microsoft Access
e. Microsoft Outlook
3. Jelaskan pengertian dari table adalah….
a. Kumpulan dari record saja
b. Kumpulan dari field saja
c. Kumpulan dari field dan record
d. Kumpulan dari table dan record
e. Kumpulan dari table dan filed
4. Jelaskan pengertian dari record
a. Data yang berbentuk kolom
b. Data yang berbentuk baris
c. Data yang berbentuk diagonal
d. Data yang berisi table
e. Data yang berisi perintah
5. Sebutkan ada berapa cara membuat table yang ada pada Microsoft Access.
a. 3 cara
b. 4 cara
c. 2 cara
d. 5 cara
e. 1 cara
6. Jelaskan pengertian dari form
a. Interface yang gunanya untuk membantu dalam mengolah data
b. Interface yang gunanya untuk menambah data saja
c. Interface yang gunanya untuk menghapus data saja
d. Interface yang gunanya untuk menampilkan data saja
e. Interface yang ada pada semua program aplikasi
7. Sebutkan ada berapa cara membuat form yang ada pada Microsoft Access.
a. 1 cara
b. 2 cara
c. 3 cara
d. 4 cara
e. 5 cara
8. Tanda gunanya untuk :
a. Memindahkan satu field dari available fields
b. Memindahkan semua field yang ada pada available fields
c. Memindahkan beberapa field saja
d. Memindahkan semua field yang ada pada selected fields
e. Memindahkan satu field yang ada pada selected fields
9. Setelah kita memilih fields yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menekan tombol:
a. Next
b. Back
c. Cancel
d. Finish
e. Close
10. Tanda digunakan untuk:
a. Memindahkan satu field dari available fields
b. Memindahkan semua field yang ada pada available fields
c. Memindahkan beberapa field saja
d. Memindahkan semua field yang ada pada selected fields
e. Memindahkan satu field yang ada pada selected fields
Jawaban Skor
1. B 1
2. D 1
3. C 1
4. B 1
5. A 1
6. A 1
7. B 1
8. B 1
9. A 1
10. D 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
No. Mata
Pelajaran Kompetensi
Dasar Kela s/ Semestrer Tahun Pemakaian
1 KKPI Menginstalsi software Sistim Operasi X / 1 2007/2008
2 KKPI Mengoperasikan Software Pengolah Kata X / 1 2007/2008
3 KKPI Mengopareasikan Software Speradsheet X / 2 2008/2009
4 KKPI Mengoparesikan Software Presentasi X / 2 2008/2009
5 KKPI Mengoperasikan Software
Basis Data X / 2 2008/2009
Senin, 11 Oktober 2010
RPP SMK
Diposting oleh ZAINUDDINZET di 00.10
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar