yasmin lawsuit

BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS ?

The second

Senin, 11 Oktober 2010

RPP SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : RPP-KKPI 01


NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan PC Stand Alone
KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks
INDIKATOR :
• Sistem Komputer dijelaskan dengan benar
• Sistem computer diaktifkan sesuai prosedur dengan benar
• Menjalankan perintah-perintah system operasi dengan benar
• Perintah pembuatan dan pengelolaan folder dilakukan dengan benar
• Perintah-perintah pengelolaan file dijalankan dengan benar
• Perintah membuat, menghapus, memperbaharui file konfiigurasi system dibuat dengan benar
• Prosedur shutdown system dilakukan dengan benar


ALOKASI WAKTU : 8 Jam x 45 Menit (2 Jam perminggu)
PERTEMUAN KE : 1, 2, & 3

I. TUJUAN

Siswa dapat :
1. Memahami sistem komputer (input, proses dan output device), hardware, software dengan baik
2. Melakukan prosedur penyalaaan komputer dengan benar
3. Memahami dan melakukan perintah-perintah internal dan eksternal command
4. Melakukan konfigurasi file pada sistem komputer
5. Memahami perangkat keras yang terkonfigurasi dengan system operasi berbasis teks
6. Melakukan prosedur shutdown sistem komputer dengan benar

II. MATERI POKOK
• Sistem Komputer
• Prosedur Penyalaan Komputer
• Perintah Internal dan Eksternal Command sistem operasi
• Prosedur Shutdon sistem

III. METODE PEMBELAJARAN
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian Tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
 Menjelaskan Sistem Komputer yang disertai dengan contoh
 Menyiapkan komputer dan menjelaskan prosedur penyalaan komputer
 Menjelaskan perintah-perintah internal dan eksternal system operasi
 Menjelaskan cara mengkonfigurasi file pada system operasi
 Menjelaskan Perangkat keras yang terkonfigurasi dengan system operasi berbasis teks
 Menjelaskan prosedur shutdown system operasi

B. KEGIATAN INTI

 Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru

 Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa

C. KEGIATAN AKHIR

 Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
 Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
 Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

V. MATERI PEMELAJARAN

 Sistem Komputer (input, proses, output), Hardware dan Software
 Prosedur Penyalaan PC Standalone
 Perintah Internal dan Eksternal sistem operasi
 Prosedur Shutdonw (non aktifkan) system komputer

VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Komputer, UPS, Sistem operasi DOS, System OperasiWindows, System Operasi Linux

2. Sumber Belajar : Modul KKPI Dikmenjur 2005

VII. PENILAIAN

- Tes Tertulis
- Tes Praktek
- Tugas-tugas Observasi


Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI



Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327

Soal Essay :
1. Tuliskan pengertian komputer dengan jelas !
2. Gambarkan diagram dari sistem komputer dan jelaskan!
3. Tuliskan 3 komponen yang mendukung sistem komputer !
4. Tuliskan 5 jenis peralatan komputer termasuk peralatan Input dan jelaskan kegunaannya !
5. Tuliskan langkah-langkah membuat folder !

Jawaban Skor
1. Komputer adalah seperangkat peralatan elektronik yang digunakan untuk mengolah data sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan dimasa yang akan datang 2

2. Diagram dari sistem komputer adalah sebagai berikut : 2



Seluruh data yang akan diproses dimasukkan melalui peralatan yang disebut input devive, selanjutnya data yang telah diinput melalui input device diproses pada bagian pemrosesan yang umumnya disebut CPU. Hasil pengolah data yang telah diperoses selanjutnya ditampilkan pada peralatan output baik berupa tampilan visual maupun hasil cetakan kertas

3. Komponen yang mendukung sistem komputer antara lain : 1
 Hardware
 Sofware
 Brainware

4. Jenis peralatan input antara lain : 3
 Keyboard : peralatan yang digunakan untuk menginput data yang berupa data alphanumeric dan data numeric
 Barcode reader : peralatan yang digunakan untuk menginput data berupa data yang berbentuk kode batang
 Scanner : peralatan yang digunakan untuk menginput data gambar yang telah jadi berupa foto
 Kamera digital : peralatan yang digunakan untuk menginput data gambar yang diambil pada suatu obyek
 Mouse : peralatan yang digunakan untuk menginput data yang terdapat pada tampilan layer monitor

5. Langkah-langkah untuk membuat folder sebagai berikut : 2
• Aktifkan explorer dengan cara mengaktifkan program windows exploring pada bagian accessories
• Klik drive dimana folder akan dibuat, kemudian pilih menu File selanjutnya pilih New kemudian Folder
• Ketik Nama Folder dan tekan tombol Enter







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : RPP-KKPI 02


NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Software Sistem Operasi
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Menginstal software sistem operasi
INDIKATOR :
 Fungsi software sistem operasi dijelaskan dengan benar
 Langkah-langkah menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
 Cara menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
 Software sistem operasi diinstal sesuai dengan SOP
 Software sistem operasi dioperasikan dan berjalan secara normal
 Fungsi software aplikasi dijelaskan dengan benar
 Langkah-langkah menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
 Cara menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
 Software aplikasi diinstal sesuai dengan SOP
 Software aplikasi dioperasikan dan berjalan secara normal

ALOKASI WAKTU : 12 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 4, 5, 6, 7, 8, & 9

I. TUJUAN
Siswa dapat :
1. Menginstal Software sistem operasi dengan benar
2. Menjelaskan fungsi software sistem operasi
3. Menjalankan Software sistem operasi
4. Menginstal Software aplikasi dengan benar
5. Menjelaskan Software aplikasi
6. Menjalankan software aplikasi

II. MATERI POKOK
1. Menginstal Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi :
2. Fungsi Software Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
3. Cara menginstal software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
4. Cara mengoperasikan software Sistem Operasi dan Software Aplikasi

III. METODE PEMBELAJARAN
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian Tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
 Mempersiapkan software dan komputer yang akan diinstal
 Menjelaskan fungsi software sistem operasi
 Menjelaskan langkah-langkah instalasi software sistem operasi
 Menginstal software sistem operasi
 Mengoperasikan software sistem operasi

B. KEGIATAN INTI

 Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru

 Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa


C. KEGIATAN AKHIR
 Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
 Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
 Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

V. MATERI PEMELAJARAN

1. Menginstal Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi :
2. Fungsi Software Software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
3. Cara menginstal software Sistem Operasi dan Software Aplikasi
4. Cara mengoperasikan software Sistem Operasi dan Software Aplikasi

VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Komputer, UPS, Internet, System Operasi Windows, System Operasi Linux

2. Sumber Belajar : Buku Panduan Instalasi sistem operasi dan program aplikasi SOP instalasi, software

VII. PENILAIAN
 Tes Tertulis
 Tes Praktek
 Tugas-tugas Observasi

Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI




Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327

Soal Essay :
1. Tuliskan fungsi software sistem operasi pada umumnya !
2. Tuliskan Jenis-jenis Sistem Operasi yang digunakan pada komputer !
3. Tuliskan langkah-langkah menginstall system operasi windows !
4. Tuliskan persiapan yang dilakukan sebelum menginstall sistem operasi !

Jawaban Skor
1. Fungsi software sistem operasi adalah untuk mengatur dan mengendalikan seluruh hardware dan software aplikasi agar dapat saling mendukung dalam sistem computer 3

2. Jenis-jenis operating sistem yang umum digunakan antara lain : 2
- MS-DOS
- Windows
- Linux
- Machinstos
- Unix

3. Langkah-langkah menginstall system operasi Windows XP : 3
 Nyalakan computer dan masukkan CD Installer Windows XP
 Ubah sistem BIOS dengan mengubah boot priority pada CD
 Tunggu hingga proses identifikasi peralatan dilakukan, kemudian buatlah partisi dengan menekan tombol F8 dan pilih create new partition, masukkan nilai untuk partisi1 dan partisi kedua
 Pilih Install, dan tunggu hingga selesai proses pengcopian file dan computer secara otomatis akan melakukan restart
 Masukkan lakukan setting dan masukkan nomor serial dari windows XP dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

4. Persiapan sebelum melakukan instalasi sistem operasi 2
 Siapkan 1 (satu) unit komputer yang belum mempunyai sistem operasi
 Pastikan kabel power pada komputer sudah tersambung dengan benar
 Siapkan 1 buah CD original sistem operasi yang telah dilengkapi dengan nomor serial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : RPP-KKPI 03



NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.2 Mengoperasikan software pengolah kata
INDIKATOR :
 Fungsi software pengolah kata dijelaskan dengan benar
 Software pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon
 Berbagai software pengolah kata dioperasikan sesuai dengan SOP
 Perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasi dijalankan dengan benar
 File Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
 File Document dijalankan dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail merge
 File Document diatur dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (Potraid atau Landscap), margin
 Header dan footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang diaplikasikan pada file dokumen
 Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan sesuai dengan parameter kertas dan printer
 File Document dicetak sesuai dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit

ALOKASI WAKTU : 22 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, & 20

II. TUJUAN
 Siswa dapat mengoperasi software aplikasi pengolah kata (Microsoft Word)



III. MATERI POKOK
 Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
 Membuat, membuka dan menyimpan file document
 Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
 Pencetakan file document

IV. METODE PEMBELAJARAN
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian Tugas

V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL

 Menjelaskan fungsi software pengolah kata
 Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software pengolah kata sesuai SOP
 Mengoperasikan melalui menu, shortcut atau icon pada berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Word (Microsoft Office), Text Document (Star Office), Writer (Open Office)
 Membuat file dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain dengan menggunakan berbagai program aplikasi pengolah kata
 Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file dokumen sesuai prosedur
 Menyimpan file dokumen baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Document), html (Web page)
 Menjelaskan dan melakukan pengolahan dan pengaturan pada file dokumen menggunakan perintah-perintah font, text aligment, bullet and numbering, border and shading, page
 break, coulumn, page setup, paragraf, format painter, header and footer, edit, paste, cut,
 mail merge

B. KEGIATAN INTI

 Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru

 Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa

C. KEGIATAN AKHIR
 Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
 Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
 Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya



VI. MATERI PEMELAJARAN

 Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
 Membuat, membuka dan menyimpan file document
 Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
 Pencetakan file document





VII. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR

1. Alat/Bahan : Personal Komputer, UPS, Internet, Software Aplikasi Pengolah kata, printer.

2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku Panduan Pengoperasiansoftware pengolah kata,

VIII. PENILAIAN
 Tes Tertulis
 Tes Praktek
 Tugas-tugas Observasi

Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI




Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327

Soal Essay :
1. Tuliskan fungsi software pengolah kata pada umumnya !
2. Tuliskan keunggulan dari Microsoft Word dibanding software pengolah kata yang lain !
3. Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan software Microsoft Word!
4. Tuliskan langkah membuat nomor halaman pada Microsoft word !
5. Tuliskan langkah-langkah membuat naskah berkolom pada Microsoft word !

Jawaban Skor
1. Software Microsoft Word banyak digunakan untuk melakukan pengolah kata, khususnya pengolah kata dalam bentuk pengetikan naskah laporan, surat, naskah berkolom dan naskah bergambar 2

2. Microsoft mempunyai keunggulan antara lain : 2
- Compability
- Graphic Editing
- Spelling & Grammar
- Mutiplr Undo dan Redo

3. Langkah-langkah mengaktifkan Microsoft word : 2
 Klik START
 Pilih All Program
 Pilih Microsfoft Offfice
 Klik Microsoft Word

4. Langkah membuat nomor halaman pada Microsoft word 2
 Klik menu Insert
 Pilih Page Number
 Tentukan posisi nomor halaman pada bagian posisi
 Klik OK

5. Langkah-langkah membuat naskah berkolom : 2
 Pilih menu Format
 Pilih Column
 Pilih jumlah kolom naskah
 Pilih This point forward pada pilih Apply to
 Klik OK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. : RPP-KKPI 04



NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.3. Mengoperasikan software spreadsheet
INDIKATOR :
 Fungsi software spreadsheet (lembar sebar) dijelaskan dengan benar
 Software spreadsheet (lembar sebar) dioperasikan melalui perintah start menu, shortcut atau icon
 Berbagai software spreadsheet dioperasikan sesuai dengan SOP
 Perintah-perintah pengelolaan file spreadsheet (lembar sebar) atau sheet (lembar kerja) seperti: membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain dioperasikan sesuai dengan SOP

ALOKASI WAKTU : 20 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 1,2,3,4,5,6,7,8,9 & 10


I. TUJUAN
 Siswa dapat Mengoperasikan Software Spreadsheet

II. MATERI POKOK
 Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
 Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
 Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada
 spreadsheet
 Pencetakan file spreadsheet

III. METODE PEMBELAJARAN
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian Tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL

 Menjelaskan fungsi software spreadsheet
 Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet
 Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet
 Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office)
 Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet

B. KEGIATAN INTI

 Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
 Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C. KEGIATAN AKHIR

 Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
 Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
 Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

V. MATERI PEMELAJARAN

 Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
 Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
 Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada spreadsheet
 Pencetakan file spreadsheet


VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR

1. Alat/Bahan : Personal Komputer, UPS, Internet, Software Aplikasi Spreadsheet, printer.


2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku Panduan Software Spreadsheet,
VII. PENILAIAN

 Tes Tertulis
 Tes Praktek
 Tugas-tugas Observasi

Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI




Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327

Soal Essay :
1. Tuliskan fungsi software Spreadsheet pada umumnya !
2. Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan software Microsoft Excel!
3. Tuliskan langkah-langkah membuat tabel pada Microsoft Excel!
4. Tuliskan langkah membuat grafik pada Microsoft Excel
5. Tuliskan 5 Fungsi Statistik yang terdapat pada Microsoft Excel dan gunanya!

Jawaban Skor
1. Software Microsoft Excel (spreadsheet) banyak digunakan untuk melakukan pengolah data dalam bentuk rumus, fungsi dan pengolahan data dalam bentuk grafik 2

2. Microsoft mempunyai keunggulan antara lain : 2
- Klik START
- Pilih All Program
- Pilih Microsfoft Offfice
- Klik Microsoft Word

3. Langkah-langkah membuat tabel pada Microsoft Excel : 2
 Blok range area yang akan ditempat tabel
 Klik menu Format kemudian pilih Cells
 Klik bagian Border
 Pilih bentuk garis Outline kemudian klik bentuk garis vertical
 Klik OK

4. Langkah membuat grafik pada Microsoft Excel 2
 Blok range data yang telah diinpu pada lembar kerja
 Klik toolbar Chart Wizard
 Pilih bentuk Grafik kemudian Next
 Pilih bentuk Column atau Row kemudian Next
 Ketik judul Grafik
 Klik Finish

5. Lima Fungsi Statistik sebagai berikut : 2
a. Fungsi SUM berguna untuk menjumlah range data yang dimasukkan
 Fungsi MAX berguna untuk menentukan nilai tertinggi dari range data
 Fungsi MIN berguna untuk menentukan nilai terendah dari range data
 Fungsi AVERAGE berguna untuk menentukan nilai rata-rata dari range data
 Fungsi COUNT berguna untuk menentukan jumlah data pada range data

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. : RPP-KKPI 04


NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 3 JAKARTA
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.4. Mengoperasikan software presentasi
INDIKATOR :
 Fungsi software presentasi dijelaskan dengan benar
 Software presentasi dijalankan melalui perintah start menu dan shortcut atau icon
 Berbagai software presentasi dioperasikan sesuai dengan
 SOP
 Perintah-perintah pengelolaan file presentasi, seperti: membuat baru, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain diaplikasikan sesuai dengan SOP
 File Presentasi disimpan menggunakan berbagai format antara lain : ppt, pps, html, odp, sxi
 Perintah-perintah editing sederhana, seperti: mengetik huruf/kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, menyelipkan slide, memasukkan picture, diagram, text box, movie and sound, chart, object diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan
 Pengaturan slide, seperti: slide lay-out, slide design,
 color animation, animation schemes, costume animation, slide transition diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan
 Lay-out dan isian standar yang berulang pada header footer dibuat dan diubah melalui master slide.
 File presentasi dicetak dalam bentuk slide/ drawing, outline, hand out, notes sesuai dengan kebutuhan
 File presentasi dicetak sesuai parameter pencetakan seperti: seluruhnya, halaman tertentu saja, halaman yang sedang diedit, urutan pencetakan.
 Perintah-perintah dasar pencetakan seperti page setup, printer setup, print preview diSetting sesuai dengan kebutuhan
 File presentasi dipresentasikan (slide show) melalui komputer dan LCD
 Perpindahan slide dioperasikan menggunakan navigasi


ALOKASI WAKTU : 10 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE : 11,12,13,14,& 15

I. TUJUAN
 Siswa dapat mengoperasikan Software Presentasi

II. MATERI POKOK
 Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software presentasi
 Membuat, membuka, menyimpan file presentasi.
 Pengolahan file presentasi
 Pencetakan file presentasi
 Persiapan Presentasi

III. METODE PEMBELAJARAN
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian Tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL

 Menjelaskan fungsi software presentasi
 Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software presentasi dengan benar
 Mengoperasikan berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Power
 Point (Microsoft Office), Presentation (Star Office), Impress (Open Office)
 Menyimpan file presentasi dengan berbagai format antara lain : ppt, pps, html, odp, sxi
 Melakukan editing sederhana untuk membuat presentasi yang meliputi text, kalimat, numbering, bullet, penyelipan slide, pemasukkan picture, diagram, text box, movie and sound, chart, object
 Memberikan efek yang menarik pada file presentasi dengan memadukan slide lay-out, slide design, color animation, animation schemes, costume animation, slide transition
 memberikan header and footer pada slide presentasi
 Menjelaskan cara mencetak file presentasi dalam bentuk slide/drawing, outline, hand out, notes
 Mencetak file presentasi dengan memperhatikan pengaturan slide/drawing, outline, hand out, notes dengan meng-Setting color, grayscale, black and white serta menyertakan page name, date, time
 Melakukan presentasi dengan menggunakan LCD
 Mengoperasikan navigasi pada slide presentasi

B. KEGIATAN INTI
 Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
 Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa

C. KEGIATAN AKHIR
 Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
 Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
 Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V. MATERI PEMELAJARAN
 Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software Presentasi
 Membuat, membuka dan menyimpan file Presentasi
 Pengolahan data sederharna pada lembar slide
 Pencetakan file Presentasi

VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Personal Komputer, Printer, UPS, Internet, System Operasi Windows. System Operasi Linux, Software Aplikasi Presentasi, LCD Proyektor.

2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku Panduan pengoperasian Software presentasi
,
VII. PENILAIAN

 Tes Tertulis
 Tes Praktek
 Tugas-tugas Observasi

Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI




Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327




Soal Pilihan
1. Microsoft powerpoint adalah sebuah program aplikasi untuk
A. pengolah kata
B. pengolah angka
C. sistem operasi
D. presentasi
E. pengolah gambar
2. Langkah pertama membuat file presentasi baru adalah
A. klik file new
B. klik open file
C. klik save as
D. klik print preview
E. klik page set up
3. Menyimpan file presentasi pada program power point menggunakan ekstensi :
a. doc
b. xls
c. ppt
d. htm
e. rtf
4. Yang tidak terdapat pada menu file adalah :
a. Save
b. Open
c. Copy
d. Save As
e. New
5. Perintah untuk menambah slide baru
a. Insert  new slide
b. file  new
c. file  open
d. insert  slide number
e. insert  diagram
6. Untuk mengatur rata tengah teks menggunakan
A. Ctrl + E
B. Ctrl + A
C. Ctrl + R
D. Ctrl + L
E. Ctrl + P
7. Icon pada toolbar untuk membatalkan perintah adalah
a. cut
b. paste
c. undo
d. redo
e. format pointer
8. Untuk memberi latar belakang pada slide menggunakan
a. Format  background
b. Format  slide lay out
c. Format  change case
d. Insert  background
e. Insert  slide lay out
9. Efek pada slide diatur melalui
a. Slide show  view show
b. Slide show  custom animation
c. Slide show  preview show
d. Format  custom animation
e. Insert  custom animation
10. Berikut background yang bisa digunakan untuk slide, kecuali
a. picture
b. pattern
c. texture
d. gradient
e. animation
Jawaban Skor
1. D 1
2. A 1
3. C 1
4. C 1
5. A 1
6. A 1
7. C 1
8. A 1
9. B 1
10. E 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mo : RPP-KKPI 05



NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : KKPI
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR : 2.5. Mengoperasikan software aplikasi basis data
INDIKATOR :
 Fungsi software basis data dideskripsikan dengan benar
 Software basis data dioperasikan melalui perintah pada menu, shortcut atau icon
 Berbagai software basis data dioperasikan sesuai denga SOP
 Pengertian database, table, field, record, primary key dijelaskan dengan benar
 Fitur-fitur pengelolaan file basis data diaplikasikan sesuai kebutuhan
 Software basis data dioperasikan untuk membuat dan memasukkan data sesuai dengankebutuhan dengan single table
 Salah satu field basis data diSetting menjadi sebuah primary key
 Perintah-perintah editing sederhana digunakan untuk menambah, mengubah, menghapus record sesuai dengan kebutuhan
 File basis data ditampilkan dengan user interface
 File basis data dicetak sesuai dengan data yang dibutuhkan (report sheet)

ALOKASI WAKTU : 14 Jam X 45 Menit
PERTEMUAN KE : 16,17,18,19, 20, 21 & 22

I. TUJUAN
 Siswa dapat Mengoperasikan Software Aplikasi Database

II. MATERI POKOK
 Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software basis data
 Membuat, membuka, menyimpan file basis data.
 Pengolahan file basis data.
 Pencetakan file basis data

III. METODE PEMBELAJARAN
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian Tugas





IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
 Menjelaskan fungsi software basis data
 Menjelaskan proses membuat, membuka, menyimpan, dan menutup software basis data
 Mengoperasikan berbagai program aplikasi basis data
 Menjelaskan pengertian data base, tabel, field, record, primary key
 Mengoperasikan software aplikasi basis data untuk membuat dan menyimpan tabel yang terdiri dari beberapa field dan menjadikan salah satu field nya menjadi primary key
 Mengoperasikan software basis data untuk memasukkan, menambah, mengubah, menghapus record dengan teliti
 Menampilkan data atau file basis data dengan user interface
 Mencetak file basis data

B. KEGIATAN INTI
 Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
 Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerjayang dilakukan siswa

C. KEGIATAN AKHIR
 Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
 Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
 Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

V. MATERI PEMELAJARAN

 Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software basis data
 Membuat, membuka, menyimpan file basis data.
 Pengolahan file basis data.
 Pencetakan file basis data


VI. ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1. Alat/Bahan : Personal Komputer, Printer, UPS, LCD Proyektor, Internet, System Operasi Windows, System Operasi Linux , Software Aplikasi basis data.
2. Sumber Belajar : Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, Buku panduan penggunaan Software basis data

VII. PENILAIAN

 Tes Tertulis
 Tes Praktek
 Tugas-tugas Observasi

Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 4 Makassar Guru Mata Diklat KKPI




Dra. Asnah Baharuddin, M.Pd Drs. Zainuddin
NIP. 132 122 656 NIP. 132 166 327


Soal Pilihan

1. Pengertian dari database termasuk dalam ….
a. Aplikasi pengolah kata
b. Aplikasi Database
c. Aplikasi presentasi
d. Aplikasi lembar sebar
e. Aplikasi email
2. Salah satu perangkat aplikasi basis data yang terdapat pada Microsoft Office adalah….
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Power Point
d. Microsoft Access
e. Microsoft Outlook
3. Jelaskan pengertian dari table adalah….
a. Kumpulan dari record saja
b. Kumpulan dari field saja
c. Kumpulan dari field dan record
d. Kumpulan dari table dan record
e. Kumpulan dari table dan filed
4. Jelaskan pengertian dari record
a. Data yang berbentuk kolom
b. Data yang berbentuk baris
c. Data yang berbentuk diagonal
d. Data yang berisi table
e. Data yang berisi perintah
5. Sebutkan ada berapa cara membuat table yang ada pada Microsoft Access.
a. 3 cara
b. 4 cara
c. 2 cara
d. 5 cara
e. 1 cara

6. Jelaskan pengertian dari form
a. Interface yang gunanya untuk membantu dalam mengolah data
b. Interface yang gunanya untuk menambah data saja
c. Interface yang gunanya untuk menghapus data saja
d. Interface yang gunanya untuk menampilkan data saja
e. Interface yang ada pada semua program aplikasi
7. Sebutkan ada berapa cara membuat form yang ada pada Microsoft Access.
a. 1 cara
b. 2 cara
c. 3 cara
d. 4 cara
e. 5 cara

8. Tanda gunanya untuk :
a. Memindahkan satu field dari available fields
b. Memindahkan semua field yang ada pada available fields
c. Memindahkan beberapa field saja
d. Memindahkan semua field yang ada pada selected fields
e. Memindahkan satu field yang ada pada selected fields

9. Setelah kita memilih fields yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menekan tombol:
a. Next
b. Back
c. Cancel
d. Finish
e. Close
10. Tanda digunakan untuk:
a. Memindahkan satu field dari available fields
b. Memindahkan semua field yang ada pada available fields
c. Memindahkan beberapa field saja
d. Memindahkan semua field yang ada pada selected fields
e. Memindahkan satu field yang ada pada selected fields

Jawaban Skor
1. B 1
2. D 1
3. C 1
4. B 1
5. A 1
6. A 1
7. B 1
8. B 1
9. A 1
10. D 1






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )




No. Mata
Pelajaran Kompetensi
Dasar Kela s/ Semestrer Tahun Pemakaian

1 KKPI Menginstalsi software Sistim Operasi X / 1 2007/2008
2 KKPI Mengoperasikan Software Pengolah Kata X / 1 2007/2008
3 KKPI Mengopareasikan Software Speradsheet X / 2 2008/2009
4 KKPI Mengoparesikan Software Presentasi X / 2 2008/2009
5 KKPI Mengoperasikan Software
Basis Data X / 2 2008/2009

0 komentar: