yasmin lawsuit

BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS ?

The second

Senin, 11 Oktober 2010

KKM ZET

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )

Mata Pelajaran : Dasar kompetensi kejuruan
Standart kompeternsi : Pengantar administrasi kantor
Kelas / Semester : X / I - II

Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Manajemen Perkantoran 83
1.Arti, tujuan, pendekatan-pendekatan dan kegiatan- 80 85 85 83

kegiatan manajemen perkantoran dijelaskan dengan benar
2.fungsi-fungsi manajemen dijelaskan dengan benar 80 80 85 82

2. Pengorganisasian Personal Kantor 89
1 Penjelasan arti, syarat-syarat, wewenang dan 90 95 90 92

tanggungjawab personal kantor sesuai dengan aturan
2.Mengkomunikasikan seleksi , diklat, mutasi, promosi dan pemberhentian personal kantor 85 85 85 85

3. Pekerjaan Kantor 84
1. Pekerjaan kantor diartikan dengan benar 90 95 90 92
2. Jenis-jenis dan peranan pekerjaan kantor 75 80 75 77
dijelaskan dengan benar
3.Ciri-ciri pekerjaan kantor diidentifikasi dengan benar 80 85 85 83
4. Pengelolaan perbekalan kantor 86
1. Kebutuhan barang-barang kantor 90 95 90 92
diidentifikasi dengan benar
2. Barang-barang habis pakai dan tidak habis 80 85 85 83
pakai diinventarisasi dengan tepat
3.Barang-barang yang perlu dihapuskan 80 85 80 82
direncanakan secara tepat

KKM mata diklat : 85



PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Dasar kompetensi k ejuruan
Standart Kompetensi : Pengetahuan dasar manajemen
Kelas / Sememster : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1.Hubugan Administrasi, Organisasi dan Manajemen 84
1. Pengertian Administrasi dan Organisasi dibedakan dengan jelas 85 85 85 85
2. Unsur-unsur administrasi dan organisasi disebutkan dengan benar 85 95 85 88
3. Penggolongan administrasi dengan benar 75 85 85 82
4…Hubungan timbal balik antara administrasi dengan organisasi 75 85 85 82
disimpulkan dengan tepat
2. Ruang lingkup manajemen 83
1. Pengertian manajemen dari berbagai sumber disimpulkan dengan benar 85 85 85 85
2. Perkembangan manajemen sebagai seni dan ilmu pengetahuan dijelaskan dengan tepat 75 85 85 82
3. Unsur-unsur manajemen dijelaskan dan dibedakan dengan tepat 85 85 85 85
4. Proses manajemen dijelaskan dan dibandingkan dengan tepat 75 85 85 82
5. Sasaran manajemen ditentukan dengan benar 85 85 85 85
6. Hubungan administrasi, organisasi dan manajemen disimpulkan dengan tepat 75 85 85 82
3. Fungsi-fungsi manajemen 85
1. Fungsi manajemen dari berbagai pendapat dijelaskan dengan benar 85 85 85 85
2. Pengertian perencanaan dijelaskan dengan benar 85 85 85 85
3. Pengertian pengorganisasian dijelaskan dengan benar 85 85 85 85
4. Pengertian penggerakan diijelaskan dengan benar 85 85 85 85
5. Pengertian pengawasan dijelaskan dengan benar 85 85 85 85
4. Penerapan fungsi-fungsi manajemen serta hubungannya dalam kegiatan 85
1. Fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan organisasi diterapkan secara tepat 85 85 85 85
5. Kepemimpinan 81
1. Pengertian kepemimpinan dijelaskankan dengan benar 85 85 85 85
2. Teori-teori kepemimpinan dibandingkan 85 85 85 85
3. Aspek-aspek kepemimpinan disebutkan dengan tepat 85 85 85 85
4. Type-type kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi lingkungan disebutkan 75 75 85 78
5. Permasalahan kepemimpinan dianalisis dengan tepat 75 75 75 75
6. Manfaat motivasi dalam manajemen 85
1. Pengertian motivasi dijelaskan dengan benar 85 85 85 85
2. Permasalahan yang timbul dalam motivasi dianalisis 85 85 85 85
3. Motivasi manusia untuk bekerja ditentukan dengan tepat 85 85 85 85
4. Pengenalan pola dasar yang dapat memberikan motivasi agar bawahan mau bekerja dengan baik 85 85 85 85
5. Azas-azas motivasi dibandingkan dengan tepat 85 85 85 85
6. Macam-macam motivasi dibandingkan dengan tepat 85 85 85 85
7. Hubungan antar manusia dalam organisasi 83
1. Pengertian hubungan antar manusia disimpulkan dengan tepat 75 85 85 81
2. Unsur-unsur hubungan antar manusia disebutkan dengan tepat 85 85 85 85
3. Syarat-syarat hubungan antar manusia dijelaskan dengan tepat 85 85 85 85
4. Hambatan-hambatan hubungan antaar manusia dianalisis dengan tepat 75 85 85 81
PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Dasar kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Pengetahuan dasar akuntansi
Kelas / Semester : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Pengertian dan Ruang lingkup Akuntansi 82
1. Pengertian akuntansi dijelaskan dengan benar 85 95 70 81
2. Penjelasan bidang-bidang akuntansi 90 90 71 83
3. Pihak-pihak yang membutuhkan informasi teridentifikasi 86 97 72 82
4. Profesi akuntansi dijelaskan dengan benar 90 90 72 84
2. Konsep dasar Akuntansi 82
1. Penjelasan unsur-unsur persamaan dasar akuntansi dan penggolongan: harta, utang dan modal 90 85 75 83
2. Bentuk-bentuk persamaan dasar akuntansi dapat di identifikasi 85 85 75 81
3. Pemberian contoh pencatatan transaksi keuangan ke dalam persamaan dasar akuntansi dengan menggunakan bagan bentuk dasar akuntansi 85 86 76 82
4. Pemberian latihan pencatatan transaksi keuangan ke dalam persamaan dasar akuntansi 90 86 76 84
3. Penyusunan Laporan Keuangan 82
1. Penjelasan arti dan fungsi laporan keuangan 85 87 75 82
2. Penjelasan jenis-jenis laporan keuangan 80 82 77 79
3. Penjelasan tentang arti, isi dan bentuk neraca 86 90 72 82
4. Penjelasan hubungan neraca dengan persamaan dasar akuntansi 85 90 75 83
5. Pelatihan menyusun neraca dengan menggunakan format neraca 80 85 75 80
6. Penjelasan arti, isi dan bentuk laporan R/L 85 90 75 83
7. Pelatihan menyusun laporan R/L dengan menggunakan format laporan R/L 85 90 75 83
8. Penjelasan arti, isi dan bentuk laporan perubahan modal 85 90 75 83
9. Pemberian contoh laporan perubahan modal 86 90 75 83
10. Latihan menyusun laporan perubahan modal 86 90 74 83
4. Pengelompokan transaksi usaha dan perkiraan 83
1. Macam-macam transaksi, bukti transaksi usaha, arti perkiraan, buku besar, bentuk-bentuk perkiraan dan tata perkiraan dijelaskan dengan benar 90 85 72 82
2. Penggunaan format perkiraan dan bukti-bukti transaksi usaha antara lain: kuitansi, Nota kontan, Faktur pembelian, faktur penjualan, Nota kredit dan bukti Memo 85 95 72 84
3. Latihan menyusun tata perkiraan dan mengisi bukti-bukti transaksi usaha 86 96 73 85
5. Akuntansi untuk perusahaan jasa 83
1. Pengertian dan ciri-ciri perusahaan jasa dijelaskan dengan benar 87 90 75 84
2. Arti bentuk jurnal umum dan cara mencatat transaksi usaha ke dalam jurnal umum dijelaskan dengan benar 85 85 72 80
3. Posting dari jurnal umum ke buku besar dengan menggunakan format perkiraan buku besar 86 90 75 83
4. Pengertian bentuk dan fung si neraca saldo dijelaskan dengan benar 87 90 75 84
5.. Penyusunan neraca saldo 87 87 72 82
6. Arti dan cara pembuatan ayat penyesuaian dijelaskan dengan benar 85 90 75 83
7. Pembuatan bukti penyesuaian dengan menggunakan bukti memorial 86 89 75 83
8. Pencatatan bukti memorial ke jurnal penyesuaian 87 90 75 84
9. Posting ayat Penyesuaian ke dalam buku besar 87 90 75 84
10. Pembuatan ayat penyesuaian 86 90 76 84
11. Neraca lajur, bentuk dan fungsi dijelaskan dengan benar 85 90 75 83
12. Pengerjaan neraca lajur dengan format neraca lajur 87 90 75 84
13. Penyusunan laporan keuangan dari neraca lajur. 87 89 75 83

KKM mata diklat : 82

























PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standart kompetensi : Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan
Kelas / Semester : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Berkomunikasi tempat kerja 82
1. Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan se-cara terbuka, profesional dan secara ramah tamah 72 81 90 81
2. Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia\ 80 90 81 83
3. Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan 80 91 90 87
4. Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diper-lihatkan 81 81 81 81
5. Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah 82 90 81 84
6. Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusi-nya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan 72 90 82 81
2. Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan 82
1. Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan diberikan secara tepat 75 90 84 83
2.. Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan 80 90 84 83
3. Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan 82 75 71 76
4. Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan di-identifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan 81 90 85 85
5. Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan di-ambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan 72 90 90 84
6 Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan 80 92 80 84
7.. Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk di-tindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu 81 82 84 82
3. Memelihara Standar Presentasi Pribadi 85
1. Standar unggul dari presen-tasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan, pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus 80 86 90 85
4. Bekerja dalam satu Tim 85
1. Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari 90 90 90 90
2. Perbedaan kebudayaan di-antara tim ditampung 84 84 83 83
3.Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama 82 83 82 82
4.Tugas-tugas individu diidenti-fikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu 90 85 87 87
5.Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan 90 86 87 87
6.Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan 84 86 83 84
7.Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya di-akui 85 83 84 84
8.Perubahan-perubahan tanggung jawab individu di-negosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja 90 87 85 87

KKM mata diklat : 83




PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standart Kompetensi : Mengatur perjalanan bisnis
Kelas / Semester : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Merencanakan perjalanan bisnis 89
1. Tujuan dari perjalanan dalam negeri dan luar negeri, persiapan biaya, keperluan-keperluan pertemuan dan perjalanan-perjalanan yang lebih diutamakan telah di konfirmasikan 80 85 80 82
2. Pokok dari hubungan dan nama-nama yang perlu di hubungi telah di tetapkan dan di susun untuk pertemuan-pertemuan yang telah dibuat dan dikonfirmasikan sesuai dengan rencana yang telah di uraikan 90 90 90 90
3. Rencana perjalanan telah di-persiapkan disesuaikan dengan keperluan-keperluan untuk pertemuan, kebutuhan-kebutuhan perjalanan, jamin-an kesehatan dan kebutuhan keamanan untuk para pejalan 95 95 90 93
4. Rencana perjalanan dan dokumen-dokumen pertemu-an yang telah diditujukkan untuk para pejalan dengan waktu yang tepat 90 90 90 90
2. Mengatur perjalanan bisnis 89
1. Pemesanan-pemesanan di buat sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan prosedur untuk perjalanan bisnis 90 90 85 88
2.. Dokumen-dokumen perjalan-an telah diidentifikasikan dan telah di susun sesuai dengan rencana perjalanan dan kebutuhan-kebutuhan per-orangan 90 95 90 92
3..Penyusunan perjalanan telah di konfirmasikan dan dokumen-dokumen konfirmasi telah di periksa dan telah di kirimkan kepada pejalan dengan tepat waktu 90 90 90 90
4. Alternatif penyusunan telah di rundingkan dan di konfirmasi dalam respon untuk perubahan kebutuhan-kebutuhan 90 90 90 90
5. Perincian rencana perjalanan telah di catat sesuai dengan keperluan-keperluan organisasi 85 85 80 83
3. Membuat laporan perjalanan bisnis 87
1. Cara-cara pembayaran telah di periksa dan di konfirmasi-kan 85 85 80 83
2. Pengaturan pembayaran se-cara kredit di buat sesuai dengan kebijakan dan prosedur organisasi. 90 90 90 90

KKM mata diklat : 88























PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standart Kompetensi : Menjaga dan melindungi budaya kerja
Kelas / Semester : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Memelihara prosedur kerja 78
1. Prosedur dan instruksi yang terintegrasi dalam menjaga dan melindungi budaya kerja baik secara perorangan mau-pun kelompok disampaikan secara jelas dan dipatuhi 80 80 80 80
2.Resiko lingkungan maupun yang berpotensi untuk me-rusak segera d80iidentifikasi dan dilaporkan kepihak yang berwenang 85 80 80 82
3.Perubahan terhadap prosedur kerja baru disikapi secara terbuka dan positif 80 75 75 77
4.Mengambil tindakan kontijensi pada saat terjadi masalah 70 75 75 73
2. Mendukung perbaikan yang berkesinam- bungan 79
1. Performansi terhadap budaya kerja dimonitor dan dicatat dalam arsip 70 75 75 73
2. Perbaikan dalam lingkungan kerja 80 80 80 80
3.Pelatihan terhadap budaya dan lingkungan kerja dilaksa-nakan serta memberikan usul-an terhadap pelatihan lain 90 85 80 85
3. Memelihara prosedur pencatatan 82
1. Catatan dipelihara dan di-mutakhirkan serta disimpan secara sistematis dan aman 85 80 80 82
2.Prosedur pencatatan internal maupun eksternal diidentifi-kasi dan dipelihara 85 80 80 82

KKM mata diklat : 80



PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kelas / Semester : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja 84
1. Persyaratan kemampuan ber-komunikasi di tempat kerja teridentifikasi melalui bantuan orang tertentu 90 90 90 90
2. Sambungan untuk berkomuni-kasi dengan penyelia dan rekan kerja teridentifikasi 95 95 90 93
3. Meminta saran terhadap per-alatah berkomunikasi yang paling sesuai 90 90 90 90
4. Teknik bertanya efektif, men-dengarkan secara aktif dan keterampilan berbicara di-pergunakan dalam mengum-pulkan dan menyampaikan informasi 80 80 80 80
5. Pertanyaan atau instruksi dijawab atau diikuti secara tepat dan cepat 80 80 80 80
6.Menggunakan bahasa non verbal yang sesuai 90 85 80 85
7.Memakai umpan balik yang membangun 80 80 80 80
2. Menulis konsep informasi 88
1.Prosedur dan format yang relevan diidentifikasi 90 92 90 91
2.Tulisan draf, disampai-kan untuk mendapatkan persetujuan sesuai dengan batas waktu 90 90 90 90
3. Mendapatkan bantuan atau umpan balik agar keteram-pilan berkomunikasi dapat di-kembangkan 85 80 85 83

KKM mata diklat : 86




PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Menggunakan peralatan kantor
Kelas / Semester : X, XI, XII / I – II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Memilih peralatan 85
1. Pemilihan peralatan atau sumber daya untuk melaksa-nakan tugas diidentifikasikan dengan benar 82 73 91 82
2. Jumlah yang diperlukan di-pertimbangkan secara me-nyeluruh 95 92 83 90
3.Peralatan dipergunakan sesuai prosedur pemakaian dan instruksi penggunaan 72 83 92 82
2. Mengoperasikan peralatan 82
1.Peralatan dipergunakan sesuai prosedur pemakaian dan instruksi penggunaan 82 72 91 82
2. Kerusakan diidentifikasi se-cara benar dan mengambil tindakan perbaikan sesuai instruksi penggunaan 84 83 82 83
3.Perbaikan diluar kewenangan harus dilaporkan kepada orang yang berwenang agar dapat diambil sebuah tindakan 71 82 93 82
3. Memelihara peralatan 87
1. Peralatan atau sumber daya dipelihara sesuai instruksi penggunaan 91 72 92 85
2. Pemeliharaan dilakukan agar peralatan memenuhi persyaratan dari pabrik 83 92 93 89
3. Pencatatan pemeliharaan di-lakukan sesuai instruksi penggunaan 92 83 91 89
4.Peralatan dan sumber daya disimpan sesuai instruksi penggunaan 83 82 92 86

KKM Mata Diklat = 85




PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Stanart Kompetensi : Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 )
Kelas / Semester : X / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1.Mengikuti Prosedur Keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja 80
1. Mengikuti prosedur keaman-an, kesehatan dan keselamatan kerja dengan benar sesuai dengan aturan perusahaan dan relevan dengan peraturan pemerintah dan syarat-syarat asuransi 80 80 80 80
2. Mengidentifikasi dan melaporkan pelanggaran prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja 80 80 80 80
3. Segala bentuk perilaku dan kejadian-kejadian yang men-curigakan segera dilaporkan pada orang yang berwenang 80 80 80 80
2.Menghadapi situasi-situasi darurat/ emergency 80
1. Keadaan darurat dan potensi keadaan darurat dapat segera diketahui dan menentu-kan tindakan yang dibutuhkan serta melakukannya dalam lingkup tanggungjawabnya 80 80 80 80
2. Prosedur keadaan darurat diikuti dengan sesuai dengan prosedur perusahaan 81 81 81 81
3. Bantuan segera dicari dari rekan sejawat dan atau orang yang mempunyai wewenang bilamana perlu 80 80 80 80
4.Melaporkan rincian keadaan darurat dengan atau benar sesuai dengan aturan 80 80 80 80
3.Menjaga standar keamanan penampilan pribadi 80
1. Mempertimbangkan penam-pilan pribadi terhadap perma-salahan lingkungan kerja dan keselamatan dan kesehatan kerja, termasuk: Berpakaian dan kesehatan pribadi yang sesuai dan menggunakan pakaian dan bersepatu yang tepat 80 80 80 80

4.Memberikan umpan balik mengenai keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja 80
1. Mengidentifikasi isu-isu yang membutuhkan perhatian 80 80 80 80
2. Menyampaikan permasalahan bersaman pihak yang ber-wenang sesuai dengan syarat-syarat perusahaan dan peme-rintahan yang harus dipenuhi 80 80 80 80

KKM mata diklat : 80
























PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Berkomunikasi melalui telepon
Kelas / Semester : XI, XII / I
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Respon untuk panggilan telepon masuk 81
1. Panggilan dijawab secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar peru-sahaan 71 81 90 80
2. Bantuan ditawarkan kepada penelepon secara bersahabat dan tujuan panggilan tertentu secara cepat 73 81 90 81
3. Uraian panggilan telepon di-ulang secara rinci untuk mem-perkuat pengertian isi pesan 81 82 83 82
4.Pertanyaan keterangan pene-lepon dijawab atau ditransfer secara tepat kepada orang yang dituju 71 82 83 78
5.Permohonan/permintaan di-catat secara akurat dan di-sampaikan kepada departe-men/orang yang tepat untuk ditindaklanjuti 83 85 90 86
6. Jika memungkinkan, kesem-patan diambil untuk menjelas-kan produk-produk dan servis-servis perusahaan 83 84 81 82
7. Pesan secara tepat disiarkan/ disampaikan kepada orang pilihan dengan batas/ tenggang waktu 75 81 82 79
8. Panggilan telepon yang meng-ancam dan mencurigakan dicatat secara tepat untuk orang yang tepat sesuai dengan prosedur perusahaan 75 90 85 83
2. Melakukan panggilan telepon 83
1. Nomor telepon dicatat secara benar 82 90 90 87
2. Tujuan dari menelepon telah dirancang/dibentuk secara tepat sebelum menelepon/ memanggil 75 83 83 80
3. Alat/sarana digunakan secara tepat untuk membentuk/me-rancang hubungan 75 85 85 81
4. Nama perusahaan dan alasan menelepon disampaikan secara tepat 80 90 90 86


PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Melakukan prosedur administrasi
Kelas / Semester : XII / II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Proses dokumen-dokumen kantor 90
1. Dokumen-dokumen di-proses sesuai dengan prosedur perusahaan dengan batas waktu 80 80 80 80
2. Peralatan kantor dipakai secara benar untuk mem-proses dokumen-dokumen 80 80 80 80
3. Kerusakan peralatan kantor diidentifikasikan secara cepat dan diperbaiki/dilaporkan sesuai dengan prosedur perusahaan 80 80 80 80
2. Dasar surat-menyurat 71
1.Kata-kata ditulis dengan benar dan bahasa yang singkat dan jelas 70 70 70 70
2.Ejaan, pemberian tanda baca dan tata bahasa benar 70 70 80 72
3.Informasi dicek untuk keteliti-an sebelum dikirim 80 80 80 80
3. Mengurus/menjaga sistem dokumen 81
1. Dokumen disimpan/difile sesuai dengan prosedur keamanan perusahaan 80 80 80 82
2.Referensi dan sistem indeks dimodifikasi dan diupdate sesuai dengan prosedur perusahaan 80 80 80 80

KKM mata diklat : 80










PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas
Kelas / Semester : XI / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipan 82
1. Kebutuhan organisasi diidentifikasikan 75 85 85 81
2. Pilihan untuk mengembang-kan sistem dikenali agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan 71 85 85 80
3. Keperluan sistem diidentifikasikan dan disetujui oleh pengguna 75 90 90 85
2. Memilih sistem yang sesuai 78
1. Pemilihan sistem sistem yang sesuai dengan kebutuhan 71 85 85 80
2. Penawaran harga untuk per-sediaan dan pengiriman sistem yang dipilih sesuai criteria 75 80 80 78
3. Pemilihan penyedia (supplier) sesuai dengan panduan 75 80 80 78
3. Mengimplementasikan system kearsipan 79
1.Sistem yang sudah diperbaiki diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan 71 85 80 78
2. Pemindahan dokumen dan catatan dimonitor agar ter-jamin integritasnya 75 85 80 80
3.Pengguna sistem yang di-perbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan 75 85 85 81

KKM mata diklat : 80





PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Memproses transaksi keuangan
Kelas / Semester : XI / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Proses penerimaan uang dan pembayaran 82
1. Uang persediaan diterima dan dicek secara akurat menggunakan dokumen yang benar 90 90 75 85
2.Penerimaan uang tunai dipe-riksa dengan akurat dan memberi kembalian dengan benar 89 85 72 82
3.Tanda terima pembayaran dipersiapkan dengan akurat dan hanya dibuat apabila diperlukan 90 85 75 83
4. Transaksi selain tunai diproses mengikuti prosedur perusahaan dan lembaga keuangan 89 86 72 82
5. Semua transaksi didata dengan benar dan tepat 86 85 74 81
6. Apabila diperlukan pembayaran, dokumennya diperiksa terlebih dahulu dan pengeluaran uang mengikuti prosedur perusahaan 87 86 75 82
7. Semua transaksi mengikuti tata cara yang sesuai dengan tingkat kecepatan yang ditentukan oleh perusahaan dan standar pelayanan kepada pelanggan 89 85 75 83
2. Melakukan rekonsiliasi 83
1. Prosedur penentuan saldo dilakukan sesuai waktu me-nurut kebijakan perusahaan 90 85 72 82
2.Uang persediaan dipisahkan dan uang yang diterima se-belum terjadi keseimbangan dan mengikuti prosedur keamanan perusahaan 89 87 75 83
3.Penulisan transaksi penerimaan uang pada laporan kas harian menentukan akurasi kecocokan 90 86 75 83
4.Dokumen-dokumen untuk transaksi tunai dan bukan tunai diambil mengikuti prosedur keamanan perusa-haan 85 86 75 82
5.Uang tunai dihitung secara akurat 90 90 75 85
6.Dokumen-dokumen non tunai dihitung secara akurat 89 90 75 84
7.Keseimbangan nilai yang tercatat dengan semua transaksi dapat ditunjukkan secara akurat 90 89 72 83
8.Semua pengambilan didata mengikuti prosedur perusahaan 89 85 75 83

KKM mata diklat : 82























PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Menangani surat masuk dan keluar (mail handling)
Kelas / Semester : XI / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1.Menerima dan mendistribusikan surat masuk 79
1. Surat masuk diperiksa dan didaftar sesuai prosedur peru-sahaan 75 80 81 78
2. Jabatan dan lokasi para karyawan dan departemennya diketahui 75 90 81 82
3. Surat yang bersifat penting dan rahasia diidentifikasi dan didistribusikan sesuai peraturan perusahaan 71 85 81 79
4. Surat diseleksi dan dikirimkan kepada yang dituju sesuai dengan peraturan perusahaan 81 85 85 83
5.. Surat yang rusak, mencurigakan atau hilang dicatat dan dilaporkan sesuai dengan peraturan perusahaan 71 80 80 77
2.Menerima dan mendistribusikan surat keluar 81
1. Surat keluar diambil, diperiksa dan disortir untuk memastikan bahwa semua siap untuk dikirimkan sesuai prosedur perusahaan 75 85 80 80
2. Surat keluar diperiksa dan didaftar lalu dikirimkan sesuai prosedur perusahaan 81 85 81 82
3. Surat keluar didistribusikan sesuai waktu yang telah di-tentukan 80 85 80 81
3. Mengelola surat yang penting dan harus diterima pada hari yang sama 82
1. Surat yang harus tiba pada hari yang sama disiapkan untuk pengiriman sesuai prosedur perusahaan 80 85 85 83
2. Pilihan pengiriman diseleksi dengan hati-hati dan sesuai prosedur perusahaan 80 85 85 83
3. Pilihan pengiriman diseleksi dengan benar dan memilih yang terbaik 75 80 85 80
4. Pengambilan surat-surat penting dikelola dan ditindak-lanjuti 80 85 85 83
4. Mengelola dan mengirim e-mail 77
1. Daftar distribusi disiapkan sesuai prosedur perusahaan 71 80 80 77
2. Berita dalam surat diperik-sa keakuratannya dan lampiran dipersiapkan secara seksama sesuai prosedur perusahaan 75 80 80 78
3. Surat keluar dicatat dan di-simpan sesuai prosedur perusahaan 75 80 80 78
4. Surat dikirim sesuai dengan waktu
5. yang telah ditetapkan 75 80 80 78


KKM mata diklat : 79






















PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standart Kompetensi : Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah
Kelas / Semester : XI / I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Mencatat 79
1. Catatan dengan tulisan singkat, catatan biasa atau rekaman (transcription) dari audio tape yang menggam-barkan maksud yang diartikan dari sumber catatan yang di-rekam 75 75 75 75
2. Catatan direkam dengan di-tunjuk tingkat kebenarannya 75 85 85 81
3. Catatan diperiksa sendiri untuk kebenarannya 75 85 85 81
2. Mendikte naskah untuk catatan 81
1. Pembacaan naskah meng-gambarkan maksud yang diartikan hasil dikte asli 75 85 85 81
2. Teks dihasilkan dengan waktu yang ditentukan 75 85 85 81
3. Teks terakhir, di cek dengan benar 75 85 85 81

KKM mata diklat : 80











PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Diklat : Kompetensi Kejuruan
Standart Kompetensi : Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen
Kelas / Semester : XI, I - II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1.Kebiasaan aman dalam pelatihan-pelatihan kerja 79
1. Lingkungan kerja, peralatan dan perlengkapan diatur untuk disesuaikan dengan permintaan ergonomic dari sipemakai 80 80 75 78
2. Organisasi kerja memenuhi permintaan organisasional dan undang-undang untuk operasi computer 80 80 75 78
3. Teknik-teknik konservasi sumber tenaga dan energi digunakan untuk memperkecil pemborosan yang berdasarkan atas permintaan organisasi dan undang-undang 81 81 80 81
2. Menetapkan ukuran-ukuran bagi struktur dan bentuk dokumen naskah 80
1. Permintaan-permintaan organisasional untuk dokumen-dokumen bisnis naskah dasar diteliti untuk meyakinkan konsistensi dari gaya bahasa dan kesan 80 80 80 80
2. Permintaan-permintaan tugas untuk bentuk dokumen-dokumen bisnis naskah dasar menentukan untuk memenuhi tujuan-tujuan organisasional 80 80 80 80
3. Bentuk dokumen-dokumen naskah 81
1. Perlengkapan dan struktur dokumen naskah dibentuk sesuai dengan tujuan, para pendengar, dan permintaan informasi dari tujuan tersebut 81 81 80 81
2. Dokumen naskah dibentuk untuk meningkatkan keadaan yang dapat dibaca dan penampilan ke dalam memenuhi permintaan-permintaan organisasional serta tugas untuk gaya bahasa dan per-lengkapan 81 81 81 81
3. Bentuk gaya bahasa dan fungsi-fungsi otomatis digunakan untuk meyakinkan konsistensi dari bentuk dan perlengkapan 81 81 80 81
4. Menghasilkan dokumen-dokumen naskah 85
1. Fungsi-fungsi perangkat lunak tingkat tinggi digunakan untuk memungkinkan produksi yang efisien bagi dokumen-dokumen naskah 81 81 80 81
2. Naskah dan data lainnya dimasuk atau diimport, dan diedit untuk memenuhi spesifikasi-spesifikasi yang diminta 90 90 85 88
3. Dokumen-dokumen naskah ditunjukkan, disesuaikan, dan dicetak berdasarkan dengan permintaan-permintaan tugas dan organisasi 90 90 85 88
4. Dokumen-dokumen naskah diberi nama dan disimpan, berdasarkan oleh permintaan-permintaan organsisasi dan surat lamaran dikeluarkan tanpa kehilangan/ kerusakan informasi 90 90 85 88
5. Dokumen-dokumen naskah dipersipkan dalam menunjuk-kan design yang berketetapan waktu dan permintaan organisasi 90 90 85 88
6.. Manual, pengguna dokumen-tasi dan bantuan on line di-gunakan untuk mengatasi masalah-masalah 90 90 85 88

KKM Mata Diklat = 81













PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen
Kelas / Semester : XII / II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Memilih alat yang sesuai 81
1. Alat serta materi yang sesuai diidentifikasi dan dipilih untuk melaksanakan tugas 71 80 90 80
2.Menggandakan dan mengumpulkan dokumen 80 90 80 85
3..Jumlah dan sumber diperhi-tungkan secara tepat untuk menyelesaikan pekerjaan 71 90 80 80
4..Dokumen digandakan sesuai standar untuk dipresentasikan 80 90 80 83
5. Penggandaan dijilid sesuai dengan spesifikasi 71 80 90 80
6. Pekerjaan diselesesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan 80 90 80 83
2. Membagikan dokumen 83
1. Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan 80 90 80 83
2.Dokumen asli disimpan di-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan isinya 80 90 80 83

KKM mata diklat : 82








PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Stanarat Kompetensi : Menghasilkan dokumen sederhana (word processed documents)
Kelas / Semester : XII / II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Menggunakan praktek kerja yang aman 83
1. Ruang kerja, furniture dan perlengkapan disesuaikan dengan standar ergonomis pemakai 80 85 90 85
2. Penggunaan komputer sesuai dengan standart K3 80 90 90 86
3.Teknik penghematan energi sesuai prosedur organisasi 71 82 84 79
2. Memastikan akan kebutuhan dokumen 85
1. Tujuan dokumen, pembaca dan kebutuhan presentasi diklarifikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan sesuai peraturan perusahaan 90 90 85 88
2. Mengenai kebutuhan organisasi yang berhubungan dengan surat menyurat seperti model surat, seberapa besar untuk menyimpan dan aspek keamanannya 75 90 85 83
3. Memproduksi dokumen 81
1. Penggunaan pengoperasian alat secara menyeluruh adalah dalam rangka perkembangan dokumen-dokumen sehingga mendapatkan hasil yang di-inginkan 75 82 83 80
2. Penampilan, penyesuaian, dan pencetakan dokumen-dokumen sesuai dengan kebuituhan organisasi dan tugas 74 82 86 80
3. Penamaan dan penyortiran dokumen-dokumen sesuai dengan kebutuhan organisasi dan permohonan tetap ada tanpa ada informasi yang hilang/rusak 80 84 82 82
4. Penyiapan dokumen-dokumen dengan perancangan batas waktu dan kebutuhan organisasi untuk kecepatan dan ketepatan 80 84 82 82
PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja
Kelas / Semester : XII / II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Mengenali prosedur kerja 80
1. Prosedur kerja beserta instruksi kerja sesuai ling-kungan kerja dipahami serta dipatuhi jika tidak mengerti melakukan klarifikasi 75 85 82 80
2. Bahaya terhadap lingkungan kerja dikenali dan dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur kerja 75 85 82 80
3.Perubahan terhadap prosedur kerja baru disikapi secara ter-buka dan positif 75 85 82 80

KKM mata diklat : 80














PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Memberikan pelayanan kepada pelanggan
Kelas / Semester : XII / II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Identifikasi kebutuhan pelanggan 83
1. Kemampuan personal yang tepat, meyakinkan untuk identifikasi kebutuhan pelayanan secara tepat 75 85 85 82
2. Penilaian utama kebutuhan pelanggan diidentifikasi untuk pemberian pelayanan 75 85 85 82
3. Pelanggan memiliki informasi tentang pilihan yang tersedia untuk menemukan kebutuhan bantuan yang diinginkan 85 85 85 85
4..Keterbatasan orang dalam menempatkan kebutuhan pelayanan 85 85 85 85
2. Penyampaian pelayanan pada pelanggan 85
1. Mengutamakan pelayanan pelanggan dengan tepat untuk memperoleh identifikasi kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan organisasi 85 75 85 82
2. Membangun hubungan dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang maksimal 85 85 85 85
3. Keluhan pelanggan ditangani secara baik dan tepat sesuai dengan prosedur perusahaa 85 85 85 85
4.Kesempatan untuk memungkinkan perbaikan kualitas dari pelayanan 95 85 85 88

KKM mata diklat : 84





PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Jl. Bandang No. 140 Telp. ( 0411) 324396 Fax ( 0411 ) 334740 Kode Pos 90155

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Standart Kompetensi : Merencanakan dan melakukan pertemuan
Kelas / Semester : XII / II
Kompetensi dasar / Indikator Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Kriteria penetapan ketuntasan Nilai KKM
Komplek- Daya- Intake
sitas dukung siswa
1. Merencanakan dan mempersiapkan pertemuan 89
1. Melakukan pertemuan dan peserta yang hadir sesuai dengan kebutuhan 95 95 85 90
2. Pengaturan pertemuan dibuat berdasarkan kebutuhan dan dirancang waktunya 95 95 85 90
3. Agenda dibuat berdasarkan pada tujuan pertemuan yang telah ditetapkan 85 95 85 88
4. Informasi yang ada dalam agenda adalah yang akan didiskusikan 85 95 85 88
5. Bahan untuk pertemuan telah disiapkan dan dikirimkan kepada peserta sesuai dengan waktu yang telah dibuat 85 95 85 88
2. Menyelenggarakan pertemuan 86
1. Pertemuan dipimpin menurut prosedur perusahaan dan tata cara pertemuan 95 85 85 88
2. Hubungan antar pribadi dan gaya komunikasi dipakai agar dapat membuka dan mendorong adanya komunikasi yang baik 95 85 85 88
3. Kesepakatan mengenai tujuan dan penyelenggaraan pertemuan dapat tercapai 95 85 85 88
4. Gagasan dan informasi disampaikan jelas dan lengkap 95 75 85 85
5. Seluruh peserta diberi kesempatan untuk memberikan gagasan 95 85 85 88
6. Pertemuan dikelola secara terarah agar tujuan tercapai 95 75 85 85
7. Waktu pertemuan yang akan diselenggarakan berikut nya telah disetujui dan didasarkan pada kesepakatan peserta 85 75 85 81
8. Notulen dicatat dengan benar 85 85 85 85
3. Menggandakan dan mendistribusikan hasil pertemuan 85
1. Dokumen yang dihasilkan dari pertemuan dibuat dengan benar dan didistribusikan 95 75 85 85
2..Staff lain diberi informasi mengenai hail pertemua 95 75 85 85
3. Pekerjaan yang dihasilkan dari pertemuan dimasukkan kedalam jadwal kerja yang telah ada dengan memperhatikan prioritas dan dilaksanakan sebagaimana mestinya 95 75 85 85

KKM mata diklat : 86






















PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

PROGRAM KEAHLIAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN















SMK NEGERI 4 MAKASSAR
TAHUN PELAJARAN 2008 - 2009

0 komentar: