yasmin lawsuit

BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS ?

The second

Senin, 11 Oktober 2010

CONTOH SOAL UJIAN ZET

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran/Sekretaris
Kode : 6045
Alokasi Waktu : 18 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan



I. PETUNJUK

1. Anda adalah staf administrasi PT. BUKAKA RAYA, Jalan MT. Hariyono Kav. 127 Jakarta Selatan, telepon (021) 7436727, FAX (021) 7438737, email bukakaraya@yahoo.Com. Bergerak dibidang pengadaan barang-barang kantor.
2. Pimpinan Anda bernama Ir. Joko Permana, MBA, beliau menjabat sebagai Manager Pemasaran.
3. Dokumen soal ujian praktik ini terdiri dari 8 pekerjaan yaitu:
a. Tugas 1: Mengetik kecepatan
b. Tugas 2: Menangani Telepon
c. Tugas 3: Membuat surat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
d. Tugas 4: Mengelola Arsip
e. Tugas 5: Mecatat transaksi kas kecil
f. Tugas 6: Menagani perjalanan bisnis
g. Tugas 7: Mencari informasi lewat internet
4. Sebelum mengerjakan tugas, bacalah setiap petunjuk tugas dengan cermat dan teliti
5. Periksa seluruh kelengkapan soal pada setiap tugas, jika tidak lengkap segeralah melapor kepada penguji
6. Kerjakan seluruh tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan
7. Cantumkan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
8. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada penguji.


II. KESELAMATAN KERJA

Gunakan alat keselamatan kerja yang sesuai, untuk mengerjakan soal ujian praktik ini. Laporkan jika terdapat kerusakan peralatan atau hal lain yang terjadi di luar semestinya kepada Pengawas Ujian.
III. DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN

No. Nama
Alat/Komponen/Bahan Spesifikasi Jumlah Keterangan
1 2 3 4 5

1.
2.
3.
4.
5.
6 Alat
Komputer
Printer
Perforator
Paper clip
Stapler
Pesawat telepon
MS Office terinstalasi
Disesuaikan






1.
2.
3.
4.

5.

6.
7.
8.
9.
10.
11.
12 Bahan

Kertas HVS
Map snellhecter
Form Petty cash Voucher
Form Bukti Pengeluaran Kas Kecil
Form Bukti penerimaan kas kecil
Form pengajuan dana kas kecil
Amplop
Format buku agenda
LPT
ATK
Toner/catrige
Copy holder

A4

Disesuaikan



IV. TUGAS

TUGAS 1: MENGETIK KECEPATAN

1. Petunjuk Kerja

a. Kerjakan soal berikut ini dengan aplikasi komputer word processing/ mesin tik
b. Ketiklah naskah pemanasan (1) dengan waktu 5 menit
c. Ketiklah naskah kecepatan (2) dengan waktu 5 menit dengan baik setelah mendapat aba-aba dari penguji.
d. Kecepatan mengetik dilakukan secara bersama-sama yang dipandu oleh penguji.
e. Gunakan jarak baris 2
f. Cetak naskah dalam waktu 5 menit (jika menggunakan komputer) dan masukkan pada map yang telah disediakan.

2. Bahan/alat yang diperlukan
a. Komputer dengan aplikasi program word processing
b. Printer
c. Copy holder
d. Stopwatch (untuk penguji)
e. Kertas HVS A4
f. Stop map
g. Catridge/tonner




NASKAH KECEPATAN PEMANASAN (1)

Dengan bahasa, manusia dapat mengkomunikasikan 3 hal yaitu buah pikiran, perasaan dan sikapnya terhadap sesuat hal. Bahasa, termasuk ejaan dan tanda baca, merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam berkomunikasi secara tertulis. Bahasa surat yang baik dapat membuat orang lain semakin antusias untuk membaca surat tersebut lebih lanjut.
Bahasa surat adalah bahasa tulis, dalam arti lambang yang digunakan dan komunikasi yang menggunakan media surat adalah lambang bahasa. Oleh sebab itu sebuah surat harus memenuhi syarat-syarat bahasa dan disusun dalam suatu komunikasi yang baik, agar pembicaraan mudah dipahami oleh si penerima surat. Selain itu, harus dipahami bahwa cara bertutur seseorang juga mencerminkan bagaimanakah kepribadian orang tersebut. Karena itu bertutur dengan baik melalui surat merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan surat.
Membuat surat niaga ini membahas beberapa dokumen yang diperlukan dalam arus jual beli atau lalu lintas perdagangan, misalnya: surat promosi penjualan (iklan, reklame, spanduk, poster, slide, thriller, pameran); surat penawaran; surat permintaan penawaran; surat pesanan; surat penerimaan pesanan; surat pengiriman pesanan; surat penagihan; surat penangguhan pembayaran; surat pengaduan; dan surat balasan pengaduan.
53
116
176
240
305
348
406
467
527
588
650
712
773
839
881
936
998
1066
1127
1185
1240
1298



NASKAH KECEPATAN (2)

Suatu karangan formal, terutama karangan seperti surat, bahasanya harus jelas, lugas, dan umum (memasyarakat). Selain ketiga syarat utama itu, penulis surat hendaknya juga memperhatikan kata-kata yang baku, pemakaian ejaan yang disempurnakan secara benar. Dengan bahasa yang jelas, pesan yang akan disampaikan oleh pengirim kepada penerima akan dipahami secara efektif.
Yang dimaksud dengan bahasa yang jelas adalah bahasa yang tidak kabur, mudah dipahami oleh pembaca dan tidak memberi peluang untuk ditafsirkan secara berbeda. Bahasa dikatakan jelas jika dua orang atau lebih mempunyai penafsiran yang sama tentang suatu maksud. Bahasa yang lugas artinya bahasa yang sederhana, bersahaja (simple), langsung pada permasalahan. Kalimat yang lugas diwujudkan dengan pemakaian bahasa yang padat dan hemat, namun tetap mengandung makna yang lengkap dan jelas lengkap berarti tidak ada unsur penting yang terlupakan.
Bahasa yang umum adalah bahasa resmi yang memasyarakat; bahasa baku yang dipakai di depan umum; bahasa yang dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Ciri bahasa umum adalah pilihan katanya harus mengutamakan selera masyarakat umum. Kata yang baku, yaitu kata yang dianggap paling benar jika ditinjau dari segi penulisan dan pengucapnya. Kata yang dibakukan dianggap sepenuhnya menjadi kata bahasa Indonesia. Kata-kata itu tidak lagi terikat pada bentuk asalnya sehingga ketentuan tentang bunyi, tata bunyi, dan tata makna sepenuhnya terikat pada aturan atau kaidah bahasa Indonesia.
Ungkapan tetap (ungkapan idiomatik), yaitu ungkapan yang unsurnya terdiri atas dua kata atau lebih yang berpola tetap. Susunannya baku dan permanen sehingga unsurnya tidak boleh dipertukarkan, ditambah atau dikurang. Fungsi ungkapan tetap adalah sebagai pengkait dalam peralihan alinea agar karangan menjadi padu.
Ejaan adalah seperangkat kaidah yang mengatur bagaimana memisahkan dan menggabungkan lambang itu dalam suatu bahasa. Adapun ruang lingkupnya meliputi: pemakaian huruf, penulisan huruf kapital dan huruf miring, pemakaian kata, pemakaian unsur serapan, dan pemakaian tanda baca.






56
125
196
263
331
371
429
496
571
635
704
769
831
900
917
971
1039
1107
1172
1242
1309
1381
1442
1503
1560
1623
1682
1750
1818
1874
1935
2002
2069
2094



TUGAS 2: MELAKUKAN KOMUNIKASI MELALUI TELEPON

1. Petunjuk Kerja
Anda minta untuk menelepon dan menerima telepon dengan memperhatikan hal-hal dibawa :
a. Baca dan cermati makna soal
b. Dapatkan pesan-pesan yang diperlukan atau diterima dengan lengkap
c. Berikan informasi sesuai keperluan
d. Sebelum menelpon menggunakan Bahasa Indonesia dan sebelumnya siapkan dahulu informasi yang diperlukan
e. Menelepon dan menerima telepon dengan suara yang jelas dan sopan
f. Jika penelepon menggunakan Bahasa Inggris maka jawab dengan Bahasa Inggris pula.
g. Catat pesan pada format pesan telepon dengan jelas

2. Bahan/alat yang diperlukan
a. Pesawat telepon
b. Kertas
c. Pensil/pulpen
d. Format pesan telepon (telephone message)

2. Soal dan informasi alur kegiatan
Pada saat Anda sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan rutin, tiba-tiba telepon berdering dan Anda sebagai Staf Administrasi harus menangani telepon masuk dan menjawab segala informasi yang diperlukan oleh si penelpon

Soal 1 :

Penelepon: Pimpinan PT Ciputra Yaja dengan alamat Jalan MH Thamrin Kav.50 Jakarta Pusat Telp. (021) 5257000, ingin bicara dengan pimpinan Anda Bapak Ir. Joko Purnama, MBA.

Masalah : Membicarakan tentang pembangunan rumah susun yang berlokasi di cibubur yang akan dibangun pada bulan April 2010.

Soal 2 :

Staf Administriasi: Menghubungi PT Mega Elektoronik Bagian Pemasaran untuk janji temu pada hari ini, pukul 15.00wib

Masalah: Membicarakan tentang pesanan 15 (limabelas) buah komputer dan 5 buat LCD yang spesifikasinya tercanggih pada saat ini dan sekaligus membicarakan cara pembayarannya.

TUGAS 3: MEMBUAT SURAT BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS




1. Petunjuk Kerja
Anda sebagai staf Administrasi PT Bukaka Raya diminta untuk membuat balasan surat klaim
a. Baca dan cermatilah isi surat tersebut dan buatlah balasannya dengan mengacu kepada catatan yang diberikan pimpinan saudara berikut ini:
1. Meminta maaf, jelaskan dan selesaikan ketidak sesuaian pesanan.
2. Barang pesanan yang sudah dikirim agar segera dikembalikan melalui Herona Ekpedisi Muatan Kereta Api, dengan biaya dibebankan kepada kita
3. Jika berkenan, pengiriman barang pesanan akan diusahakan diterima paling lambat tanggal 3 Maret 2010.
b. Buatlah balasan surat tersebut diketik dalarn bentuk lurus penuh
c. Tanggal surat hari ini, nomor, dan perihal tentukan sendiri
d. Sebelum dicetak simpan dalam folder Anda
f. Selesai dicetak, simpan pada stop map yang telah disediakan

2. Bahan/Peralatan yang dpergunakan
a. Komputer
b. Printer
c. Stepler kecil
d. Kertas HVS A4
e. Sampul surat standar
f. Alat tulis






PT Segara Indah
Danau Tamblingan No. 100
Sanur, Bali
Tel: 0361- 282828

10 Pebruari 2010



Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Pusat


Hal: Pengiriman barang

Dengan Hormat,

Dua minggu yang lalu kami membeli Xerox Photocopy Machine Model X-10 pada perusahaan Anda. Pada waktu kami membuka, kami mendapatkan barang tersebut (dengan nomor seri ADD 59929-X) dalam keadaan rusak. Kami temukan bahwa sepertinya barang tersebut adalah contoh barang yang digunaka untuk demontrasi ke klien. Tentu saja kami tidak bisa menerima keadaan barang tersebut dimana kami adalah klien perusahaan Anda yang sudah bekerjasama lebih dari 5 tahun .

Berkaitan dengan ini kami perlu penjelasan dari perusahaan Anda yang mengklaim sebagai perusahaan yang menyediakan peralatan/mesin kelas satu.

Kami menunggu jawabannya segera dari Anda.


Hormat kami,





Wawan Dermawan
Material Manager

Wd/Dv





1. Petunjuk Kerja
a. Bacalah surat dari Ibu Santi Nugraha prihal lamaran kerja ke PT. Cipta Dharma.
b. Buatlah balasan surat tersebut diketik dalam bentuk Semi Block Style dengan mengacu kepada.catatan yang diberikan oleh Pimpinan Anda, sebagai berikut:

Reply this letter and tell her that:
1. Received her application letter she might be the right candidate. 2. Ask to come for interview Tuesday, February 27"d 2010, 3. Ask her to reconfirm the appointment with you first.

c. Buatlah balasan surat dengan terlebih dahulu membuat konsep diatas kertas bergari kemudian diketik dalam bentuk Semi Block Style.
d. Tanggal surat tentukan sendiri
e. Sebelum dicetak simpan dalam folder Anda.
f. Selesai dicetak, kemudian ditandatanganikan ke pimpinan selanjutnya dilipat dan masukan ke dalam sampul.

2. Bahan/Peralatan yang dpergunakan
a. Komputer
b. Printer
c. Stepler kecil
d. Kertas HVS A4
e. Sampul surat standar
f. Alat tulis


















Santi Nugraha
Jl. Sesetan Raya, Gg XII No. 9
Denpasar - Bali

November, 20 Pebruari 2010


Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan


Dear Sir,

I am responding to your advertisement in the Bali Post of November 15 for a position of Business Development Manager. As my resume will indicate, I appear to fit the candidate description as specified in your advertisement.

I received my Bachelor of Economy from University of Indonesia last year. In addition, I have worked as a part time with several companies in Jakarta during the past 2 years

Please accept my enclosed resume in consideration for this position. I can be contacted through my mobile phone 0811383838 at anytime.

Thank you for your attention. I am looking forward to hearing from you at your earliest convenience.


Sincerely





Santi Nughraha






TUGAS 4: MENGELOLA ARSIP

1. Petunjuk Kerja
a. Dimeja kerja Anda ada 12 buah surat terdiri dari surat masuk dan surat keluar. Anda diminta untuk memproses surat-surat tersebut.
b. Kemudian simpanlah surat-surat tersebut dengan menggunakan sistem abjad.
c. Gunakan peralatan bila diperlukan sesuai ketentuan yang Anda ketahui.

2. Bahan/alat yang diperlukan
a. Komputer
b. Printer
c. Kertas
d. Pensil/pulpen
f. Format Agenda
g. Folder dan Tab odner (pembatas)
h. Perforator,stapler, paper clip.

3. Soal dan informasi alur kegiatan
a. Catatlah surat masuk dan keluar terlampir kedalam buku agenda
b. Memproses surat-surat tersebut sesuai sistem penyimpanan yaitu sistem Abjad
c. Gunakan bahan dan alat yang telah disediakan







.





PT BUKAKA RAYA
Jalan MT Hariyono Kav. 127
Telp. (021) 7436727 Fax. (021) 7438737 Jakarta Selatan

8 Oktorber 2009


Kepada
Yth. Bapak Satya Darmaya
Manager Penjualan PT Sentosa Abadi
Jl. Iskandar Muda No. 89
Jakarta Selatan


Hal : Pesanan Audio system


Dengan hormat,

Kami sangat tertarik dengan iklan Saudara pada harian Kompas hari ini, dan kami bermaksud untuk memesan perangkat Audio yang Saudara tawarkan tersebut.

Adapun perangkat yang kami pesan aalah 2 unit perangkat Audio System merek JBL tipe 8000, dengan harga satuan Rp 2.300.000,00 sebelum discount. Kami harap perangkat tersebut tiba ditempat kami sebelum tanggal 15 Oktober 2009.

Mengenai pembayaran akan dilakukan secara tunai saat pesanan kami terima.

Sambil menunggu pesanan tiba, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
PT BUKAKA RAYA




Ir. Joko Purnama
Manajer Pemasaran



PT MITRA SEJATI
Jl. Pejompongan Raya No. 5
JAKARTA PUSAT


No. : 45/SP/MS1/09 12 Oktober 2009



Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan


Hal : Penawaran Mesin Fax


Dengan hormat,


Kami adalah supplier dari mesin fax merek Panasonic, telah mengimpor mesin terbaru dengan teknologi terbaru, untuk itu kami tawarkan kepada ibu sebagai pengembangan fungsi kantor.

Kami yakin dengan mesin fax ini akan sangat memudahkan semua pekerjaan Ibu dalam urusan komunikasi. Sebagai perkenalan atas produk ini kami akan memberikan demo ekstra selama 1 bulan pemakaian secara gratis.

Untuk itu kami minta Ibu untuk dapat mendaftarkan perusahaan Ibu agar dapat mendapat fasilitas ini.

Untuk itu kami minta Ibu untuk dapat mendaftarkan perusahaan Ibu agar dapat mendapat fasilitas ini.

Atas perhatian dan kerjasama Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


Angelina Susanti
Marketing Manager

ELENGANT PAPER
Jl. Urip Sumiharjo Km, 7, Jakarta 17077 Telp 3444777 Fax. 3322777
Website : www.elegantpaper. Co.id



NO. : 096/EP/II/2009

28 Oktober 2009



Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan


Dear Mr. Nirwan Sapta Adi,

It is a pleasure to receive your order for 40 ream of 500 sheets your company letter head included 20 dozen envelopes. The order is now being packed for shipment. You should receive it well before November 2nd 2009, the date you specified.

In another packaging we are sending you our catalogue of paper with any size and our menchandise for your staffs. You and your associates at PT Mutiara Cemerlang will find it convenient for future reference.

As usual, we lokk forward to a further opportunity to serve you.



Yours sincerely,




John E, Edwards
Sales Manager


Encls :




PT BUKAKA RAYA
Jalan MT Hariyono Kav. 127
Telp. (021) 7436727 Fax. (021) 7438737 Jakarta Selatan


9 Oktober 2009


TOTAL INDONESIA Inc.
Tugu Pratama Buiding 9th floor
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 78
JAKARTA SELATAN


Dear Mr. Deden,

I know how hectic our lives get and how easy it is to overlook little things. That is the reason I am sending you this reminder. Our records show your account has a balance due of US$500.

Would you please take few minutes to take care of this matter? If there are any problems, please let us know.

Thank you for your prompt attention



Sincerelly,
PT BUKAKA RAYA




Ir. Joko Purnama
Manajer Pemasaran















BANK PERSADA
Jl. Jend. Sudirman No. 10
DENPASAR


No. : 89/SP – BP/II/09 6 Oktober 2009



Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan


Hal : Penawaran Produk Bank


Dengan hormat,

Bank kami telah mengembangkan Produk Bank terbaru dengan pelayanan yang prima, serta dapat memberikan kepuasan membantu pelanggan dalam melakukan transaksi perbankan.

Sebagai informasi selama bulan Oktober 2009 s/d Nopember 2009 ini kami memberikan penawaran khusus kepada pelanggan, untuk mendapatkan pelayanan Bank kami dengan fasilitas yang sangat memuaskan yaitu fasilitas khusus berupa kenyaman dan kemudahan dalam melakukan urusan perbankan yang akan didampingi oleh staf kami yang professional dan ramah serta fasilitas ruangan tunggu yang ekslusif.

Sambil menunggu kedatangan Ibu, kami mengucapkan terima kasih.


Hormat kami,



Rakhmat Sugiyanto
Customer Service Director

Lampiran : 1 lembar Brosur





PT BUKAKA RAYA
Jalan MT Hariyono Kav. 127
Telp. (021) 7436727 Fax. (021) 7438737 Jakarta Selatan

24 Oktober 2009


Kepada
Yth. Bapak Triyanto
Manager Umum PT Persahabatan
Jl. Sudirman Kav. 34
Jakarta Pusat


Hal : Pembayaran faktur No. 34


Dengan hormat,

Berdasarkan catatan pembukuan kami ternyata Saudara belum melunasi faktur kami No. 34, yang seharusnya telah Saudara lunasi pada tanggal 10 Oktober 2009 lalu.

Mengingat pembayaran tersebut telah lewat 2 minggu, kami harap saudara segera melunasi faktur tersebut sebelum tanggal 5 November 2009.

Kami yakin Saudara akan dapat melunasi faktur ini, mengingat kerjasama kita yang sudah terjalin dengan baik.

Atas perhatian dan pengertian Saudara, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
PT BUKAKA RAYA




Ir. Joko Purnama
Manajer Pemasaran





PT BUKAKA RAYA
Jalan MT Hariyono Kav. 127
Telp. (021) 7436727 Fax. (021) 7438737 Jakarta Selatan

24 Oktober 2009



Kepada
Yth. Direktur PT Harapan Sukma
Setiabudi No. 123
Denpasar

Hal : Undangan Rapat


Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan kerjasama pada perusahaan sejenis maka bagian ini kami mengharapkan kehadiran Saudara pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Jumat, 30 Oktober 2009
Waktu : 13.00 – 17.00 WIB
Tempat : Mutiara 1 Bali Room
Westin Hotel, Nusa Dua
Acara : Penandatangan MOU dengan Depkominfo


Mengingat pentingnya acara ini kami harap Saudara datang tepat pada waktunya.

Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
PT BUKAKA RAYA



Ir. Joko Purnama
Manajer Pemasaran




PT HARAPAN SUKMA
Setiabudi No. 123
DENPASAR


No. : 12/U/SM1/09 27 Oktober 2009


Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan

Hal: Undangan Rapat


Dengan hormat,
Dengan ini kami mengundang Ibu untuk menghadiri rapat yang akan diselenggarakan
pada :
Hari/Tangga: Rabu, 31 Oktober 2009
Waktu : 10.00 - 12.00 WIB
Tempat : Ruang Rapat A
Acara : Rapat Panitia Indogas 2009

Mengingat pentingya acara in kami harap Ibu dapat hadir tepat pada waktunya.
Atas kehadiran Ibu, kami mengucapkan terima kasih.


Hormat kami,



Antonio, SS
Managing Director

Lampiran : 1 lembar Daftar Acara









TOKO ELEKTRO MAJU
JALAN MAGELANG NO. 73
YOGYAKARTA

22 Oktober 2009

Nomor : 076/EM/X/2009


Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan


Hal : Permintaan Referensi

Dengan hormat,

Perusahaan kami bergerak di bidang Elektronik, dan pada tanggal 20 Oktober 2009 kami menerima pesanan barang elektronik berupa audio visual secara kredit dari Toko Serba usaha dalam jumlah yang besar. Dalam surat pesanan tersebut perusahaan saudara ditunjuk sebagai referensinya.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Saudara untuk memberi keterangan mengenai konduite dan keuangan toko tersebut. Segala informasi mengenai akan kami jaga kerahasiaanya.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,




Drs. Fauzan Abdullah








PT BUKAKA RAYA
Jalan MT Hariyono Kav. 127
Telp. (021) 7436727 Fax. (021) 7438737 Jakarta Selatan


No : 13 Oktober 2009


PT SNERGY UTAMA
Chase Building 4th floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 56
JAKARTA PUSAT


Dear Mr. Amroe,

I thought you would like to know that I have been hired as Marketing Director for PT Mutiara Cemerlang. The job is going to be quite challenging, but 1’m looking forward to starting next week.

I want to thank you again for your recommendation, Your kind words were important in helping me lang this job.


Yours sinceley,
PT BUKAKA RAYA




Ir. Joko Purnama
Manajer Pemasaran












PT. DUNIA MODERN
JL. Cengkeh No. 20
Jakarta Timur


Nomor : 125/DM/X/2007 26 Oktober 2009
Hal : Penawaran Iklan



Kepada yth.
Ir. Joko Purnama, MBA
Manajer Pemasaran
PT Bukaka Raya
Jl. MR Haryono Kav. 127
Jakarta Selatan


Dengan hormat,
Kami salah satu perusahaan yang bergerak di budang advertising di Jakarta, dan memperoleh informasi dari salah satu konsumen kami bahwa perusahan Bapak bergerak di bidang Pariwisatan.

Sehubungan dengan hal tersebut pada kesempata ini kami menawarkan pemuat iklan tentang Perusahaan bapak di majalah kami. Tentang harga, kami jamin lebih murah dari yang lain.

Kami menunggu informasi dari Bapak, terima kasih.


Hormat saya,




Rudy Elasantos
Direktur










PT BUKAKA RAYA
Jalan MT Hariyono Kav. 127
Telp. (021) 7436727 Fax. (021) 7438737 Jakarta Selatan


23 Oktober 2009


Nomor : 321/ M:/XJ2007
Lamp. : I (satu) helai
Hal : Penawaran Penggandaan Dokumen


Kepada
Yth. Direktur PT Global Perkasa
Jl. Mawar No. 8
Denpasar


Dengan hormat,

Melalui surat ini kami mengajukan penawaran tentang penggandaan dan penjilidan dokumen berkaitan dengan kegiatan perusahaan Bapak.

Dari daftar harga yang kami lampirkan pada surat ini Bapak akan dapat melihat bahwa harga. penggandaan dan yang kami tawarkan ini adalah jauh lebih murah dari pihak lain. Namun demikian kualitasnya ditanggung lebih baik dan lebih terang.

Kami percaya bahwa Bapak tidak akan melewatkan kesempatan yang baik ini, dan sambil menunggu pesanan Bapak kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,



Ir. Joko Purnama
Manajer Pemasaran


BUKU AGENDA TUNGGAL

Nomor Urut Tanggal M/K Surat Dari/Kepada Isi Ringkas Keterangan
Nomor Tanggal











































TUGAS 5. MENCATAT TRANSAKSI KAS KECIL

Pimpinan Anda melakukan beragam kegiatan yang perlu didanai dengan anggaran Kas Kecil yang Anda kelola. Dana kas kecil setiap bulannya adalah Rp.10.000.000,00 (delapan juta Rupiah). Berikut bukti-bukti transaksi pemasukan (1 bukti) dan pengeluaran (12 bukti) yang harus Anda bukukan kedalam Catatan Kas Kecil untuk bulan Februari 2010 dengan cara imprest system. Berapa dana yang perlu ditambahkan untuk mengisi Kas Kecil berikutnya?

Pos-pos Pengeluaran :
Keperluan Pantry : Nomor Voucher *)
Stationary : Nomor Voucher
Biaya Transport/Taxi : Nomor Voucher
Biaya Pos & Courier : Nomor Voucher
Photo Copy : Nomor Voucher
Konsumsi Rapat : Nomor Voucher
Entertainment : Nomor Voucher
Majalah & Koran : Nomor Voucher
Lain-lain : Nomor Voucher

*) Nomor Voucher dimulai dengan nomor urut 540

Berikut ini transaksi selama bulan Februari 2010
Tanggal Uraian Jumlah

1 Feb

1 Feb
Saldo Kas Kecil

Pengisian kembali dana kas kecil dengan cheque no.270459

Rp. 0,00

Rp. ( ? )
12 Feb 4 Feb
3 Feb
8 Feb

7 Feb
6 Feb
6 Feb 10 Feb
5 Feb
3 Feb
7 Feb
13 Feb
17 Feb Pembelian ticket ke Bali pp
Kopi, Teh, gula & aneka soft drink
Pembelian ATK
Biaya Transport/Taxi dari MT Haryono untuk antar surat

Biaya Kurir dan Pos
Konsumsi Rapat
Snack untuk Rapat
BBM Kendaraan Direktur
Entertainment di Grand Cafe Grand Melia Hotel
Langganan Majalah Gatra bln Oktober
Pembelian Meterai
Biaya photo copy MOU
Pembayaran peserta Mandiri Golf Tournament 2.130.000,--
210.000,--
676.400,--
123.000,--

202.000,--
337.000,--
219.000,--
552.000,--
937.500,--
160.000,--
60.000,--
235.500,--
1.7500.000,--




























































Bon Ongkos Pengganti
(Hanya dipakai bila kwitansi resmi tidak bisa diberikan)

No. Voucher :
Tanggal :
Alasan Penggunaan Biaya Jumlah


Rp.
Total :
Terbilang :

Dibuat Oleh (Paraf) : Pembayaran Disetujui Oleh (Paraf) : Diterima oleh :



Bon Ongkos Pengganti
(Hanya dipakai bila kwitansi resmi tidak bisa diberikan)

No. Voucher :
Tanggal :
Alasan Penggunaan Biaya Jumlah


Rp.
Total :
Terbilang :

Dibuat Oleh (Paraf) : Pembayaran Disetujui Oleh (Paraf) : Diterima oleh :







TUGAS 6 : MENANGANI PERJALANAN BISNIS

1. Petunjuk Kerja
 Baca dan cermati makna soal secara teliti
 Dapatkan informasi tentang kegiatan pimpinan anda selama perjalanan dinas dalam mengembangkan usaha bisnis
 Anda diperkenankan untuk mengembangkan ide anda da!am menentukan jadwal perjalanan dinas pimpinan dan perencanaan anggaran yang informasinya tidak anda temukan dalam soal
 Format jadwal perjalanan dinas pimpinan terdiri dari nomor. Hari, Tanggal, waktu, Kegiatan, Keterangan
 Cetak dan serahkan pada penguji

2. Bahan/alat yang diperlukan
Kertas HVS
a. Kalender Meja
b. Pensil/Pulpen


3. Soal dan alur kegiatan


Pada hari ini Senin, 9 Februari 2010 di atas meja kerja Anda ada beberpa tugas yang harus anda selesaikan diantaranya beberapa catatan untuk mengatur jadwal kegiatan pimpinan. Masukkan data-data berikut ini ke dalam Format agenda Kerja Pimpinan dengan lengkap dan jelas agar dapat dimengerti oleh Pimpinan Anda.

1. Surat dari PT Karya Abadi, Cabang Surabaya berisi penundaan pertemuan persiapan diklat karyawan yang sedianya 10 Pebruari menjadi 12 Februari 2010
Catatan yang terdapat pada surat tersebut adalah Anda diminta untuk menghubungai Bapak Amran divisi promosi untuk mewakili.
2. Surat dari Bapak Hasanuddin Utama, Direktur PT Indah Lestari yang ingin bertenu dengan Bapak pimpinan hari Senin, 16 Februari pukul 14.00 di PT Sinar Harapan Cabang Denpasar.
3. Undangan Gala Dinner di Bali Ayu Café. Untuk acara “Peduli Gempa Sumatera Barat” hari ini pukul 17.00.
Catatan pada undangan ini adalah : bapak Pimpinan beseta ibu menyiapkan dana sebesar Rp. 500.000,00 untuk disumbangkan pada acara tersebut.
4. Memo dari Ibu Desy Anggrainy yang ingin bertemu Bapak Pimpinan hari ini pukul 14.15 untuk memberikan laporan persiapan penandatanganan kerjasama dengan PT Hutama Mandala sakti.
Catatan yang terdapat pada memo tersebut : Pimpinan setuju dan akan menemui Ibu Dey Anggrainy di ruang kerja beliau.
5. Hari ini akan ada sosialisasi produk baru mesin-mesin kantor Devisi pemasaran di Aula lantai II, pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dengan seluruh staff Manager PT Bukaka Raya.
6. Memo dari pimpinan kepada divisi promosi Bapak Rahmad Hidayat yang isinya tangal 27 Februari 2010 pukul 08.00 WIB diminta untuk melaporkan rencana kerja Bulan Februari 2010
7. Surat tawaran kerjasama dari Bank Pembangunan Daerah perihal pembangunan sarana taman bermain anak-anak di daerah Jimbaran
Catatan dari pimpinan adalah Anda diminta untuk menghubungi Bapak Yusuf Kabag Perencanaan Pembangunan Daerah untuk bertemu di kantor dengan beliau pada tanggal 27 Februari 2010 pukul 14.00 untuk pembahasan lebih lanjut rencana tersebut.
8. Surat dari Dinas Pajak Daerah yang ingin membicarakan peraturan-peraturan pajak pada tanggal 28 Februari 2010 pukul 11.00
Catatan dari Bapak pimpinan adalah : hal ini akan ditindaklanjuti oleh Bapak Ryas Rasyid Manager Keuangan.
9. Surat tawaran dari Bapak Surya Rahmat untuk mengikuti seminar sehari di Hotel Homan tentang Persaingan bisnis di era globalisasi pada hari Jumat tanggal 29 Februari 2010 pukul 08.30 sampai dengan selesai.













Format Perjalanan Dinas pimpinan

Nomor Hari, Tanggal dan Waktu Kegiatan Keterangan





















































TUGAS 7. MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET

1. Petunjuk

a. Bacalah soal dengan teliti dan cermat
b. Pilihlah salah satu artikel yang menurut Anda paling menarik untuk dijadikan sumber informasi untuk pimpinan Anda.
c. Pindahkan ke program microsof word kemudian masukkan ke folder Anda
d. Cetak dan serahkan kepada penguji

2. Bahan/alat yang diperlukan
a. Komputer
b. Printer
c. Jaringan internet
d. Kertas

3. Soal dan alur kegiatan

Pimpinan Anda menghadiri pertemuan 2 hari di Sumatra Utara, dan beliau meminta kepada Anda untu mencari informasi tentang Hotel dan tempat pariwisata di Sumatra Utara yang baik dan menarik. Gunakan pencarian informasi lewat internet dengan alamat http://www.google.co.id/. Pilihlah beberapa artikel yang menurut Anda paling menarik untuk dijadikan sumber informasi untuk pimpinan Anda. Cantumkan sumber berita dimana Anda mendapatkan artikel tersebut.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

What a datа of un-аmbiguitу and
pгeseгvenеsѕ of preciоuѕ knowlеdge on the topiс of unpгеdicted emotionѕ.


my blοg post :: trash dumpster

Anonim mengatakan...

Terrifіc pοst howеveг , I was wanting to knoω if you cοuld write a
litte more оn this tοpic? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Bless you!

Feel free to surf to my page: dumpster-dive for food

Anonim mengatakan...

Thіs iѕ а rеally gοod tip particularly to those new tο the
blogospheгe. Brief but very аccuгate іnformation… Thank you foг sharіng this one.
A must reaԁ аrticle!

Ѕtoρ bу mу page :: dumpster rentals

Anonim mengatakan...

Have уou eveг thought abоut adԁing a littlе bit
more than juѕt your artісlеs? I mеаn, whаt you say iѕ important аnd
all. Νeveгtheleѕs think about if you addеd ѕomе great рictuгes or vіdeο clіps
to gіvе your ρоѕtѕ more, "pop"!
Yοur content is еxcellent but with ріcs anԁ cliρs,
this blog could undeniably be οne of thе mοst beneficiаl in its field.

Tеrrіfiс blоg!

Mу wеb-site raleigh dumpster rental

Anonim mengatakan...

If you aге going for bеѕt cοntents likе me,
οnlу pаy а vіѕіt thiѕ web ѕite
daily bесause іt pгesеnts
featurе contents, thanks

Look at my wеb ѕite ... yard dumpster
Also see my web site > dumpster rental service

Anonim mengatakan...

Hello theгe, just becаme аlert to your blоg through Google, anԁ found that it is
truly informative. I'm going to watch out for brussels. I'll apprecіаte if you contіnue this
in futuгe. Manу people will be benеfіted from your wrіting.
Cheers!

my ωeb blog; dumpster rentals